Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Terbaru Mudah 2019

Cara Internet - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai bagaimana cara membuat blog. Sebelumnya kita artikan dahulu apa itu blog ? Secara garis besar blog berasal dari dua kata yaitu Web dan Log (WebLog) yang berarti catatan online. Pengertian yang lebih luas, blog adalah situs web yang berisi tulisan dan gambar, artikel atau informasi yang bermanfaat yang di update secara berkala dan dapat diakses secara online untuk public atau hanya untuk pribadi.

Buat blog menarik memiliki manfaat yang sangat besar, seperti untuk mempromosikan sebuah produk, memperbanyak teman dengan mengikuti forum blog, atau hanya sekedar berbagi cerita atau pengalaman. Selain itu, blog juga dapat dijadikan sumber penghasilan.

Dengan membuat blog baru kita bisa berbagi ilmu yang sudah kita dapatkan, mungkin itu dari bangku sekolah atau dari pengalaman kita untuk dibagikan kepada para pembaca. Menurut segi agama, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diajarkan kepada sesama. Selain itu para pengguna blog atau blogger juga dapat mengembangkan kreativitas dalam menulis sebuah artikel.

Untuk membuat blog sendiri caranya juga sangat mudah dan yang paling menguntungkan tidak berbayar alias gratis. Namun, kita harus menggunakan nama domain yang masih sub domain, misal saja seperti blog yang saya berdaya ini dari .blogspot.com dari blogger.com

[ baca juga : Cara Edit Template Blog Mudah Terbaru ]

Mengapa menggunakan blogger ? Karena blogger.com memberikan vasilitas yang sepenuhnya kepada kita, kita bisa meng-oprek template bawaan blogger dan juga kita bisa menambahkan widget-widget keren entah itu hasil karya sendir atau hasil downlodtan, dengan kata lain Anda dapat membuat blog gratis. Tidak seperti penyedia blog gratisan lainnya, yang diharuskan kita untuk upgrade premium dulu untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat blog sendiri ? Sebanarnya cara membuat blog sangatlah mudah, namun apasalahnya untuk berbagi ilmu kepada yang belum bisa. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat blog. Sebelumnya syarat utama untuk membuat sebuah blog anda harus memiliki email, dan saya sarankan menggunakan email gmail. Karena blogger telah diberdaya oleh google. Untuk para pemula yang belum bisa membuat email gmail baca postingan sebelumnya tentang cara membuat akun gmail.

Langsung saja, berikut cara membuat blog untuk Anda

Cara Membuat Blog

  • Langkah pertama, buka web browser anda dan ketikkan alamat berikut www.blogger.com atau langsung saja klik alamat berikut www.blogger.com
  • Maka akan tampil halaman ciri khas dari login gmail
    Cara Membuat Blog
  • Klik Masuk
  • Maka akan tampil halaman utama blogger.
    Membuat Blog
  • Klik Blog Baru
    Membuat Blog Baru
  • Pada judul , isikan judul blog anda sesuai dengan isi atau tema yang bakal anda isikan pada blog anda.
  • Alamat blog, isikan nama alamat blog anda. untuk telihat blog yang profesional, nama blog sesuai dengan tema atau isi blog. Namun, anda juga dapat mengisi alamat blog yang anda inginkan sendiri, entah itu nama anda, nama hewan kesayangan anda atau dengan yang lain. Namun, biasanya dalam pengisian alamat blog ini sedikit sulit, karena tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk alamat blog. Karena mungkin, sudah dipakai seseorang atau pihak blogger tidak memperbolehkannya.
  • Pada bagian template, pilih template sesuai dengan kesukaan anda. Jika dirasa tidak ada yang cocok dengan hati, pilih saja template yang biasa dan nantinya kita masih bisa merubahnya dengan mendowload tema di internet atau dengan kita edit sendiri template tersebut. Untuk caranya baca postingan tentang cara edit template HTML pada Blog
  • Jika semuanya sudah terisi dan template sudah dipilih, langkah yang terakhir adalah klik Buat Blog
  • Dan selamat anda sekarang sudah memiliki blog gratis dengan sub domain .blogspot.com

Demikian cara membuat blog. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Salam hangat blogger.
Artikel Terkait : Cara Menambahkan Widget dan Memasang Widget di Blog

1 komentar untuk "Cara Membuat Blog Terbaru Mudah 2019"

  1. Blog saya udah jadi :D cuman pengunjungnya masih sedkit, gimana yahh caranya biar banyak pengunjung ???

    BalasHapus