Cara Menghemat Baterai Android Terbaru Efektif Lengkap

Cara Internet – Baterai android boros memang sangat menyebalkan dan juga membosankan. Mau tidak mau harus melakukan pengisian. Kalau posisi pas dirumah tidak apa-apa, bayangkan jika pada saat bepergian jauh dan tiba-tiba baterai android Anda low bat, pasti rasanya ingin membuangnya saja bukan.

Cara Menghemat Baterai Android

Tapi tenang saja, ada cara hemat baterai khususnya untuk menghemat daya baterai android. Namun, sebelaumnya wajib anda ketahui dulu, kenapa baterai android cepat habis dan apa penyebab baterai android cepat habis ? Tentu hal pertama adalah dari kapasitas baterai yang kecil dan Anda menggunakannya secara berlebihan. Yang kedua bisa karena baterai memang sudah tua, faktor umur. Dan yang ketiga mungkin dalam hardware ada keerorran, entah itu konek antara kabel min dan plus atau yang lainnya.

[ baca juga : Cara Membuka Kunci Pola Layar Yang Lupa Terbaru ]

Cara menghemat baterai android dapat anda lakukan dengan artikel yang akan saya bahas ini, atau kalau mau jalan lain anda dapat menginstal aplikasi hemat baterai yang sudah disediakan di Play Store. Namun, sebelum anda melakukan hemat daya baterai dengan aplikasi, alangkah baiknya jika anda melakukan secara manual. Karena, baik tidak baik yang namanya aplikasi pasti ada efek sampingnya, entah itu dalam waktu dekat atau jangka panjangnya.

Oke, langsung saja dari pada keburu tidak sabar ingin tahu apa saja yang dilakukan untuk penghemat baterai android, berikut tips menghemat baterai android untuk Anda.

Cara Menghemat Baterai Android


Tingkat Kecerahan Layar

Ini yang menjadi salah satu penyebab baterai android cepat habis, apalagi mengusung layar yang luas tentu membutuhkan asupan daya yang banyak. Untuk cara mengeatasinya, sebaiknya atur tingkat kecerahan layat, tidak terlalu padam dan tidak terlalu terang. Terlebih cara ini akan membuat mata Anda tidak akan cepat lelah.

Switch Off Wi-Fi dan Bluetooth

Lupa mematikan atau bahkan menghiraukan jika Wi-Fi dan Bluetooth masih hidup sudah menjadi kebiasaan orang setelah pemakaian. Apakah Anda tahu jika Wi-Fi dan Bluetooth ternyata juga memakan daya baterai. Sebaiknnya, matikan saja atau Switch Off Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan, dan itu akan membuat baterai android lebih tahan lama.

Matikan GPS

GPS memang sangat membantu saat melakukan perjalanan. Namun, dengan adanya GPS pada smartphone Android Anda akan lebih cepat menguras baterai android. Apabila sekiranya tidak digunakan, atau sudah tahu arah-arah yang ingin dituju, sebaiknya tidak usah menggunakanan fitur GPS atau dimatikan saja. Dengan begitu,baterai smartphone android anda akan lebih tahan lama.

Merubah Koneksi

Browsing dengan jaringan internet tinggi misal 4G atau 3G memang sangat menyenangkan terlebih internet dapat ngebut, namun disisi lain tidak baik untuk daya baterai, karena dengan kecepatan internet tinggi akan lebih cepat menguras baterai android. Oleh sebab itu, jika tidak terlalu penting dalam browsing, dan hanya untuk sosmed, sebaiknya menggunakan jaringan yang lebih rendah misalkan saja 2G, dengan begitu baterai android anda akan bertahan lama.

Set Waktu Sleep ke Level Terendah

Seperti halnya dengan mengatur tingkat kecerahan layar, mengatur mode sleep dalam beberapa detik juga dapat membuat baterai android bertahan lama. Dengan mengatur mode sleep ini, maka apabila smartphone android tidak digunakan, dalam beberapa detik nantinya akan mati sendiri, sehingga tidak akan memakan daya baterai.

Mengurangi frekuensi Sync untuk aplikasi yang terhubung

Informasi memang sangat penting, dengan fitur sync ini android anda akan lebih mudah mengetahui notifikasi email, facebook, dan lain yang terhubung secara live. Namun, efek samping dari fitur ini berdampak pada daya baterai android anda. Karena baterai akan selalu bekerja setiap ada notifikasi baru. Jika tidak terlalu mementingkan itu, dan ingin menghiraukan notifikasi tersebut, sebaiknya matikan saja fitur sync tersebut, atau anda juga dapat hanya mengurangi beberapa aplikasi yang terhubung.

Kurangi Volume dan Matikan Getar

Cara ini mungkin sudah familiar ditelinga masyarakat pengguna smartphone android. Memang sedikit membantu mempertahankan daya baterai android. Oleh sebabitu, sebaiknya matikan saja fitur getar, dan kurangi volume dering , dengan begitu baterai android akan lebih bertahan lama.

Unistall aplikasi yang tidak digunakan

Kebanyakan aplikasi memang menjadi salah satu penyebab cepat habis baterai android. Meski aplikasi tidak digunakan, namun aplikasi akan tetap berjalan pada background. Sebaiknya, gunakan aplikasi sewarjanya dan sesuai kebutuhan. Yang sudah terlanjut terinstal , uninstall atau hapus aplikasi tersebut.

Instal Aplikasi Penghemat Baterai

Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghemat baterai android anda. Selain itu, banyak sekali aplikasi-aplikasi penghemat baterai yang disedikan di Play Store. Sebenarnya cara kerja dari aplikasi penghemat baterai bukanlah menghemat baterai tetapi lebih memaksimalkan daya baterai, sehingga baterai akan lebih bertahan lama. Salah satu contoh aplikasi penghemat baterai yang dapat anda gunakan adalah DU Battery Saver. Aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap.

Demikian cara menghemat baterai android, semoga dengan cara-cara di atas, baterai android anda akan lebih lama hidup. Karena hidup tanpa smartphone, serasa dunia asem, kecut, hehe.. . Terimakasih, salam carainternet. ^_^
Artikel ngeHits : Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi iPhone 5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Android Terbaru Efektif Lengkap"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.