Cara Download Menggunakan Torrent, File Besar Sekalipun Bisa Diganyang

Cara download menggunakan Torrent – Ketika hendak ingin mendownload file di internet dengan ukuran besar berGiga-giga pasti Anda akan sedikit pesimis. Pasalnya kenapa, karena Anda pasti bertanya-tanya bisa sampai berapa hari untuk mendonwload file sebesar ini ? Apalagi menggunakan fitur download web browser, bisa-bisa berbulan-bulan untuk download file tersebut, belum lagi terjadi eror atau putus ditengah jalan. Nah, mulai sekarang jangan pesimis lagi untuk download file besar, gunakan aplikasi download satu ini yang bernama Torrent. 
uTorrent

Apasih Torrent Itu ?


Torrent adalah sebuah file extension dari aplikasi protokok BitTorrent yang dapat berjalan pada Peer-to-Peer, atau istilah lainnya adalah “p2p protocol”. Ketika Anda mengunduh atau mendownload sebuah file menggunakan Torrent sama halnya Anda download melalui Port HTTP. Namun bedanya terletak pada system downloadnya atau cara downloadnya. Jika pada HTTP hanya menggunakan satu jenis port dan single TCP Socket pada port tertentu (port 80), maka di BitTorrent ini menggunakan banyak TCP Socket yang berbeda-beda, begitu juga menggunakan random port di setiap koneksinya.

Bagaimana Ilustrasi Sistem Kerja Torrent ?


Si A dan Si B ingin mengdownload film di situs ABCD.COM, maka Si A dan Si B akan mendownload langsung film tersebut pada server ABCD.COM, jadi pihak penyedia film tersebut harus menyediakan file tersebut untuk dapat didownload oleh banyak orang. Nah, jika cuma dua orang saja yang mengunduh kemungkinan besar masih dapat diatasi, bagaimana jika seribu orang sekaligus download file yang sama, pastinya akan tingkat penggunaan bandwith akan sangat besar dan itu sangan boros sekali.

Berbeda dengan BitTorrent, server tetap menyediakan file film untuk didownload (server disini bukan situs atau penyedia file, namun lebih kepada seseorang yang mendistribusikan file), jika nantinya seribu orang tersebut mendownload file hingga selesai, maka seseorang pendownload berikutnya tidak perlu lagi mengambil dari server, namun bisa mengambil bagian dari yang telah selesai mendownload file tersebut.

Bagaimana Cara Donwload Menggunakan Torrent ?


Pertama, buka software Torrent seperti uTorrent , Azureus atau yang lainnya pada laptop/computer Anda. Jika belum ada, install terlebih dahulu. Pada tutorial ini menggunakan uTorrent.Cara download menggunakan uTorrent.

Kedua, jika sudah berhasil membuka software uTorrent, sekarang klik tanda plus ( + ), letaknya di sederetan menu-menu paling kiri. Nantinya akan muncul halaman baru (select a .torrent to open). Nah, disini Anda harus memasukkan file berekstensi “.torrent”. Maksudnya di sini adalah, sebelum melakukan download file yang besar yang sesungguhnya, Anda terlebih dahulu harus mencari file yang akan mau Anda download berekstensi “.torrent”. Anda dapat mencarinya pada torrentz.com, ThePirateBay, atau yang lainnya penyedia file torrent. Ukuran file ini sangatlah kecil jadi tidak perlu kawatir. 
Contoh file ekstensi Torrent.
file exstensi torrent


Ketiga, setelah mengklik tombol plus ( + ), muncul jendela baru untuk memasukkan file ekstensi .torrent, maka cari file tersebut dan dan open. Jika sudah berhasil, Anda akan melihat banyak pilihan, cari yang paling bagus. Di sini Anda juga bisa melihat review dan statistic besarnya file, jumlah leechers, jumlah seeders, dan data statistic lainnya mengenai file tersebut.

Keempat, Jika sudah memilih sekarang tinggal download file sebenarnya, caranya download gambar berbentuk magnet yang tulisannya “torrent magnet lini”. Tunggu hingga proses download selesai.

Tips Download Menggunakan Torrent


Pertama, gunakan kecepatan internet yang cepat, biar download file tidak terlalu lama.

Kedua, jika tidak sabaran, tunggu dengan aktivitas lain, yang penting tetap koneksi internet.

Ketiga, gunakan fasilitas internet kantor atau warnet (buat yang operator warnet). Karena apa, download menggunakan torrent dapat di pause dan di play lagi. Jadi, ketika masuk kantor nyalakan, pulang pause, besuk masuk nyalakan lagi. Tau-tau sudah selesai, hehe…. 

Istilah-istilah Dalam Torrent

Seed : Pengguna yang sudah selesai mendownload file yang membagikan atau melakukan sharing.

Peer : Semua orang yang melakukan download, dan ketika download telah selesai, maka ia menjadi Seed, atau dijuluki sebagai seeder.

Leech : Hampir sama dengan Peer, sering digunakan untuk memberikan nama peer UD (Upload/Download) pada ratio rendah. Sedangkan untuk Leecher, adalah seseorang yang telah selesai download kemudian tidak melakukan sharing, dia langsung disconnect dari proses file sharing tersebut.

Demikian, cara download menggunakan software Torrent, semoga sedikit ulasan dan langkah-langkah download menggunakan Torrent di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih. 

Selain Torrent, Anda juga dapat mengunduh file internet dengan cepat menggunakan IDM. BACA SELENGKAPNYA !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Download Menggunakan Torrent, File Besar Sekalipun Bisa Diganyang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.