15 Penyebab Koneksi Internet Jadi Lambat Alias Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Koneksi Internet Jadi Lambat Alias Lemot – Ketika kita sedang asik-asik surfing/browsing tiba-tiba koneksi internet melembat, pastinya akan sangat menjengkelkan bukan. Di reload-reload pun juga tetap saja muter-muter melulu. Akhirnya rasa emosi muncul dan bahkan mengeluarkan kata-kata kotor.

koneksi internet lambat

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi koneksi internet yang lemot, misalkan saja dengan memakai cara mempercepat koneksi internet dengan CMD. Dengan cara tersebut, koneksi internet akan kembali normal. Namun, tidak lepas dari itu Anda harus memahami dahulu apa yang membuat koneksi internet tiba-tiba menjadi lemot.
Cari tahu : Cara Yang Benar Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD
Nah, pada post kali ini akan kami bahas apa saja yang menyebabkan internet lemot. Jadi, Anda bisa menyelesaikan dengan biak dan benar. Karena apa, jika Anda memperbaiki yang bukan menjadi masalah, bisa jadi kerusakan akan jadi tambah parah dan tidak terselesaikan.

Lantas, apa saja yang membuat internet bisa lemot. Berikut penyebab yang menjadikan koneksi internet jadi lambat atau lemot

Pertama, kekuatan sinyal dari provider. Jika lokasi Anda jauh dari BTS, maka kecepatan koneksi internet akan menjadi semakin buruk. Ini sudah jelas, karena jarak jangkau kurang mencukupi. Namun ini untuk yang menggunakan system hostpot wifi, atau modem GSM/CDMA. Jika menggunakan kabel jaringan LAN mungkin saja tidak.

Kedua, adanya pembatas dari pihak provider. Misalkan, koneksi internet Anda hanya diberikan pemakaian sebesar 1 GB saja di awal pekaian. Ketika kuota tersebut berkurang maka kecepatan internet akan menurut dan menjadi lemot. Bisa juga Anda dibatasi berapa Kb sehari dalam mengakses interent.

Ketiga, terlalu banyaknya file sampah yang tersimpan dalam web browser. Setiap Anda melakukan browsing internet, web browsing akan menyimpan cache, cookies, dan history. Nah jika ini tidak pernah Anda bersihkan selama berbulan-bulan akhirnya menumpuk banyak, dan ini bisa menjadikan web browser Anda lemot. Jika sudah begitu nge-load page pun jadi lambat. Untuk itu bersihkan file-file tersebut.

Keempat, banyaknya Add Ons dan Plugin yang terpsang. Internet lemot bisa disebabkan oleh banyak Add Ons ataupun Plugin yang terpasang pada web browser Anda. Memang, And Ons dan Plugin bisa membantu memaksimalkan kinerja web browser, namun jika kebanyakan dan tidak memakai aturan bisa menyebabkan web browser menjadi lemot.

Kelima, terlalu banyak membuka tabs dalam waktu bersamaan. Semakin banyak Anda membuka tabs dan meng-load bersamaan maka kinerja perangkat akan semakin melemah, akhirnya berjalan lambat.

Keenam, internet lemot bisa disebabkan karena adanya virus yang menyerang. Jadi alangkah baiknya untuk selalu men-scan computer secara berkala dengan anti virus yang update.

Ketujuh, terlalu lama pemakaian akhirnya perangkat/modem mengalami kepanasan. Seperti halnya perangkat lain, jika digunakan terus menerus tanpa ada jeda istirahat maka perangkat akan melemah karena efek panas. Untuk mengatasi hal ini beri tambahan kipas eksternal.

Kedelapan, spesifikasi PC/perangkat yang masih rendah. Setiap perangkat memiliki batas kemampuan sendiri-diri, jika perangkat PC Anda rendah dan Anda gunakan untuk internet dengan terus menerus tanpa berhenti, terlebih lagi membuka banyak tabs maka akan menjadi lemot. Jadi pastikan perangkat Anda mencukupi.

Kesembilan, karena factor cuaca. Koneksi internet yang melambat bisa disebabkan karena cuaca yang tidak bersahabat. Misalnya waktu hujan lebat, dan terjadi banyak petir, nah ini akan menggangu jaringan internet.

Kesepuluh, overload traffic. Kebanyakan orang mengakses internet di waktu pagi, sore, dan malam hari. Dengan banyaknya aktifitas yang menggunakan internet di jam-jam tersebut maka internet akan mengalami down. Berbeda jika Anda berkoneksi internet diwaktu orang pada istirahat, sekitar jam 22.00 ke atas, pastinya internet lebih cepat.

Kesebelas, kabel sambungan internet longgar. Kabel LAN dan kabel Modem yang longgar kurang rapat yang terhubung dengan perangkat Anda bisa menyebabkan koneksi jadi lemot. Jadi, periksalah apakah kabel koneksi Anda sudah tertata dengan benar dan rapi. Pastikan juga tidak ada yang lecet karena gigitan tikus atau mungkin juga terlipat yang menjadikan kabel dalamnya putus.

Keduabelas, alamat IP yang digunakan kres. Ketika Anda sudah enak-enak browsing internet menggunakan hotspot wifi ataupun warnet, kemudia dengan tiba-tiba internet terputus dengan peringatan IP Conflict yang muncul di taskbar, ini dikarenakan ada orang yang menggunakan alamat IP yang sama, akhirnya mengalami bentrokan sehingga menyebabkan internet terputus. Untuk itu, rubah alamat IP computer Anda.

Ketigabelas, pastikan kuota paketan data Anda masih. Ini yang paling sering ditemui, saking asiknya browsing dan tidak memikirkan masih berapa kuota yang dimiliki, ternyata paketan data internet habis. Jadi, cek terlebih dahulu sebelum mencari penyebab internet lemot lainnya.

Keempatbelas, perbaikan kabel jaringan. Ini juga bisa terjadi meskipun tidak terlalu sering. Untuk itu gabung di group-group yang membahas jaringan internet. Biasanya akan ada seseorang yang memberikan informasi mengenai perbaikan kabel jaringan.

Kelimabelas, jaringan pusat mengalami masalah. Ketika terjadi permasalah pada system jaringan pusat (operator/provider) maka dengan otomatis internet akan melambat, bahkan bisa sampai tidak bisa digunakan. Jika sudah begini, Anda hanya cukup bersabar dan berdoa semoga segera ditangani.

Demikianlah, 15 penyebab interent menjadi lemot. Sebenarnya masih banyak lagi factor-faktor yang bisa menyebabkan internet menjadi lambat. Namun, jika kelima belas penyebab tadi yang paling sering terjadi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Amiiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Penyebab Koneksi Internet Jadi Lambat Alias Lemot dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.