Root Android, Ketahui Fungsi Root Android Yang Sebenarnya, dan Cara Root Android Yang Benar

Root Android, Ketahui Fungsi Root Android Yang Sebenarnya, dan Cara Root Android Yang Benar – Bagi Anda yang sudah lama memegang gadget Android pasti tidak asing lagi dengan istilah root, Android root. Bahkan, ada yang mengukuhkan jika memiliki perangkat gadget Android tidak di-root, serasa kurang afdol. Nah, dari istilah-istilah root Android, cara root Android, aplikasi root Android, sebenarnya apa itu root Android, dan apakah fungsi root Android itu ? Sebagain orang yang suka oprek atau otak atik perangkat gadget Android alias modifikasi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya system Android root. Namun, ada juga yang masih belum faham apa sebenarnya root Android itu, dan terlebih lagi apa fungsi dari root Android tersebut yang sebenarnya.

root android dan fungsi root android

Untuk itu, dikesempatan ini carainter.net akan berbagi informasi mengenai apa itu root, fungsi root Android, dampak negative dari root Android, dampat positif dari root Android, dan tambahan cara root Android yang benar menurut prosedur. Apakah sobat sudah siap dengan informasi yang akan kami bahas ini. Oke, langsung saja dimulai dari apa itu root.

Apa Itu Root Android ?


Seperti yang diterangkan oleh Wikipedia, root (Android) adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjanalan pada system operasi Android untuk mendapatkan control yang lebih tinggi (dikenal dengan “akses root”) pada berbagai subsistem Android.

Dari keterangkan di atas sudah jelas, root Android adalah membuka kunci atau hak akses dari system operasi tersebut (Android). Sebenarnya, setiap system operasi khususnya Android itu masih dibatasi kinerjanya, maksudnya pengguna hanya bisa menggunakan system tersebut tidak sepenuhnya. Ruang gerak yang diberikan masih sedikit, tidak cukup luas.

Oleh karena itu, banyak para pengguna yang melakukan root agar dapat lebih leluasa dalam mengotak-atik perangkat Android tersebut. Membobol hak ases yang telah dikunci oleh system Android. Sehingga Andalah yang menjadi administrator sepenuhnya dari perangkat Android setelah di root. Anda bebas mengekspresikan kekreatifan yang Anda miliki pada perangkat Android tersebut.

Root Android ini hampir serupa dengan open source yang ada pada system operasi Linux. Jika sudah bisa seperti ini, Anda bebas mengotak atik perangkat, misalkan dengan memaksimalkan kinerja system Android.

Fungsi Root Android


Fungsi root Android banyak macamnya. Dengan melakukan root Android Anda akan lebih bebas bereksperimen. Yang artinya Anda bisa melakukan modifikai perangkat gadget Android Anda sesuka hati. Dengan melakukan root Android ini Anda bisa mengakses semua file system, command, dan bahkan system Android itu sendiri.

Fungsi root Android ini juga bisa mengoptimalisasikan system kinerja perangkat, karena Anda bisa membuang aplikasi-aplikasi bawaan Android yang tidak bisa di uninstall sebelum diroot. Cukup sulit memang cara menghapus apliksi bawaan Android. Selain itu, fungsi root Android ini juga memberikan kebebasan bagi para pengguna, sehingga mereka bisa meng-explore semua system yang ada pada perangkat Android nya. Seperti bisa menambah kapasitas RAM Android

Fungsi Root Android lainnya adalah, memungkin Anda untuk merasakan kepuasan tersendiri terhadap hasil root Android, apalagi jika root Android itu Anda lakukan sendiri. Seakan-akan Anda merasa dewa root Android, karena telah berhasil me-root system Androi. Anda juga memperoleh wawasan lebih luas, dan bisa mengembangkan ilmu Android yang Anda miliki.

Yang perlu diperhatikan dalam root Andriod adalah apakah proses rooting selalu berhasil dan happy ending. Belum tentu, jika Anda salah dalam melakukang rooting Android, bisa-bisa perangkat gadget Anda tidak bisa nyala sama sekali. Untuk itu pelajari betul tips root Android yang benar.

Root Android juga memiliki dampak positif dan negative. Apa sajakah dampak positif root Android dan dampat negative root Android ? Berikut penjelasannya.

Dampak Positif Root Android


Sudah jelas, seperti yang dijelasnkan pada pengertian root Android dan fungsi Android. Root Android memberikan dampak positif terhadap keleluasan pengguna dalam mengkases system Android. Karena hak akses yang membatasi ruang gerak sudah dihilangkan. Jika sudah begini, perangkat Android Anda bisa kamu kuasai, layaknya hidup dalam kerjaan yang tanpa bos. Seakan-akan Andalah yang menjadi bos. Yang namanya bos pasti berkuasa dan bisa apa saja semaunya.

Dari berhasilnya meng-unlock file-file Android alias root Android ini, Anda bisa melakukan kustomisasi semaunya, misalkan meng-overcloock prosesor bawaan, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa di hapus dengan manual, menginstal ROM custum dari pihak ketiga, meningkatkan system kinerja smartphone Android yang lelet dan lain sebagainya. Root Android juga memberikan kemudahan dalam menjalankan berbagai aplikasi meski sebenarnya aplikasi tersebut tidak mendukung jika dijalankan pada perangkat Android Anda.

Itulah sebagian dari dampak positif dari root Android. Lantas bagaimana dengan dampak negative dari root Android.

Dampak Negatif Root Android


Sebenarnya root Android ini adalah perbuatan illegal, artinya Anda akan keluar dari jangkaun system Android tersebut. Seperti hilangnya garansi dari vendor perangkat gadget. Jadi, setelah Anda melakukan root Android, secara otomatis nomor perangkat ponsel akan hilang, dan tidak bisa dicocokkan dengan nomor garansi. Alhasil akan cukup menyulitkan jika Anda hendak ingin menservice di vendor perangkat Anda.

Dampak negative dari root Android yang paling fatal adalah perangkat akan mengalami mati total akibat kesalahan system. Akhirnya, perangkat tidak akan bisa digunakan apa-apa. Namun itu jarang terjadi, bisa terjadi kemungkinan besar jika salah dalam proses root Andoir. Lagi pula root Android ini hanya soal perangkat software, kemungkinan besar pasti bisa diatasi. Berbeda jika kerusakan yang dialami pada perangkat hardware, pastinya Anda akan mengeluarkan budget lebih untuk memperbaikinya. Selama rooting dilakukan dengan benar dan hati-hati, pastinya rooting Android akan sukses.

Nah, jika sudah tahu dan faham apa itu root Android, serta fungsi root Android, dampak positive root Android, dan dampak negative root Android. Sekarang waktunya cara root Android yang baik dan benar. Sebelum itu, pastikan Anda yakin jika Anda bisa melakukan rooting Android dengan sukses. Percaya pada diri sendiri.

Untuk melakukan root Android, ada dua cara yaitu satu dengan menggunakan PC/Laptop, dan satu lagi tanpa menggunakan PC/Laptop. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Root Android Menggunakan PC


Cara root Android yang pertama adalah dengan bantuan perangkat PC, dan ini paling banyak yang digunakan oleh para rooter atau tukang service, karena dipastikan berhasilnya. Namun tidak hanya perangkat PC saja, ada bantuan lagi dari aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi rooting for Android. Ada banyak macam aplikasi rooting fot Android menggunakan PC, namun salah satu yang bagus dari kesemua aplikasi rooting Android itu adalah bernama KingoRoot.

Ya, aplikasi KingoRoot ini mampu meng-root perangkat gadget Android dengan sempurna. Sudah banyak orang yang mengacungkan jempol pada aplikasi KingoRoot ini. Disamping itu, aplikasi ini juga dapat didonwload secara gratis.

Untuk tips sebelum melakukan rooting, sebaiknya perangkat memiliki kondisi baterai yang masih full. Karena jika terputus di tengah jalan, proses rooting belum selesai sudah mati, maka akan mengalami kerusakan sitem. Untuk itu pastikan terlebih dahulu baterai dalam keadaan full.

Langkah-langkah root Android menggunakan PC cukuplah mudah. Pertama install atau pasang terlebih dahulu aplikasi rooting for Android KingoRoot di perangkat PC/Laptop. Jika proses peng-instalan berhasil, sekarang buka aplikasi tersebut. Persiapkan juga kabel data untuk menghubungkan perangkat ke PC/Laptop. Jika sudah terpasang dan terdeteksi oleh PC/Laptop, sekarang menuju pada aplikasi KingoRoot dan klik rombol “Root”. Tunggu hingga selesai proses rooting yang berlangsung cukup lama.

Pada aplikasi KingoRoot ini juga tersedia menu “Unroot”. Dimana fungsi dari tombol ini adalah untuk meng unroot perangkat yang sudah di-root alias mengembalikan ke kondisi semual sebelum di root. Atau Anda juga bisa mengembalikan system Android yang sudah diroot dengan berikut cara unroot Android tanpa PC mudah baik dan benar. Bagaimana, mudah bukan ?

Sekarang cara rooting yang kedua adalah root Android tanpa PC

Cara Root Android Tanpa PC/Laptop


Cara root Android yang kedua ini adalah tanpa menggunakan bantuan PC/Laptop, jadi lebih gampang dan ini banyak dilakukan oleh para opreker perangkat Android juga karena kepraktisannya. Sama seperti root Android dengan PC/Laptop, cara root Android tanpa PC ini juga membutuhkan aplikasi tambahan pihak ketiga, dan syaratnya juga sama seperti root Android dengan PC/Lapto yaitu baterai perangkat harus penuh, kalau bisa sambil dicharge.

Aplikasi root Android terbaik yang sering banyak orang gunakan adalah Framaroot dan Towelroot. Kedua aplikasi tersebut akan membantu dengan mudah proses rooting Android Anda. Aplikasi ini juga tersedia gratis, jadi Anda bisa sesuka hati untk mendownload nya atau tidak.

Untuk cara root Android mengguakan aplikasi Framaroot adalah pertama install terlebih dahulu aplikasi tersebut pada perangkat gadget. Setlelah itu, jalankan rooting Android dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk melakukan root Android tanpa PC/Laptop yaitu cara root Android mudah lengkap tanpa PC, ampuh banget.

Bagaimana, mudah juga bukan cara root Android tanpa menggunakan PC/Laptop ?

Yang perlu diperhatikan adalah, pastikan data-data yang ada dalam ponsel sudah ter-backup semua. Buat juga-jaga jika proses root tidak berhasil.

Demikian, ulasan mengenai apa itu root Android, fungsi root Android, dampak negative root Android, dampak positif root Android dan cara root Android. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda semua. Jika artikel ini bermanfaat, sebarkan ke teman yang lain. Semoga membantu.

catatan : ulasan ini diambil dari berbagai sumber dan admin belum pernah mencoba root Android

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Root Android, Ketahui Fungsi Root Android Yang Sebenarnya, dan Cara Root Android Yang Benar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.