Mengatasi Play Store Error Tidak Bisa Dibuka Dijamin Berhasil

Mengatasi Play Store Error Tidak Bisa Dibuka Semua HP – Pasti semua sudah tahu apa itu Google Play Store. Ya, bisa dikatakan Google Play Store adalah toko aplikasi Android. Menyediakan semua aplikasi dan game untuk pengguna Android. Ada yang berbayar ada juga yang gratis. Tanpa adanya Play store ini HP Android tidak akan ada isinya.

Meski aplikasi ini buatan Google, perusahaan yang terkenal dengan teknologinya ini, buka berarti pasti sempurna. Pasalnya kerap dijumpai permasalah play store tidak bisa dibuka. Akan tetapi tidak bisa ditarik kesimpulan, bahwa penyebab Play Store tidak bisa dibuka adalah aplikasi tersebut buruk. Karena, Google selalu rajin memberikan update untuk menutupi celah-celah error tersebut.

Hmm... bingung kan yaa.. !!!

Tenang, ada banyak sebab kenapa Play Store bisa error tidak bisa dibuka, dan begitu juga banyak cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Jadi, jika error tersebut disebabkan oleh masalah A, maka kamu juga harus menyelesaikan dengan cara A. Untuk itu ketahui betuh permasalah kenapa Play Store di HP Androidmu tidak bisa dibuka.

Nah, untuk membantu kamu dalam mengatasi permasalah Play Store tidak bisa dibuka, berikut kami ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Jadi kamu bisa mencoba-cobanya. Tapi inget, lakukan dengan hati-hati.

 Mengatasi Play Store Error Tidak Bisa Dibuka Dijamin Berhasil

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka


Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Crass

Penyebab :

Aplikasi Play Store tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena crass, atau ada file yang berhenti untuk dibaca. Maksudnya, perangkat telah lelah bekerja karena menjalankan banyak aplikasi sekali gus. Akhirnya over clock, tumpang tindih dan berhenti. Ini bisa terjadi pada semua aplikasi Android, tidak hanya Play Store saja.

Cara Mengatasi :

Jika penyebabnya demikian, cobalah untuk merestart ulang hp Android mu. Ingat, restart yaa.. bukan reset. Kalau restart dihidupkan ulang, kalau reset dikembalikan normal yang memungkinkan semua data dan aplikasi hilang. Tujuan untuk restart ini agar HP Android kembali frash, segar, bisa menjalankan aplikasi dengan sempurna.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Internet Lemah

Penyebab :


Google Play Store adalah layanan toko Android yang berbasis konek internet. Nah, jika Play Store di Androidmu tidak bisa dibuka, mungkin penyebab pertamanya adalah koneksi internet lemah. Mungkin pada saat itu jaringan internet yang kamu gunakan sedang mengalami down, atau kalu tidak kamu berada pada area yang minim sinyal. Sehingga internet jadi lemot dan Play Store tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi :

Jika penyebab Play Store tidak bisa dibuka karena masalah internet, cobalah untuk mencari jaringan internet yang lebih kuat. Direkomendasikan untuk menggunakan jaringan WiFi. Kalau tidak begitu, cobalah untuk menggunakan jaringan 4G. Intinya pastikan jaringan internet kamu lancar. Kamu bisa mengetahui 15 penyebab koneksi internet lemot dan cara mengatasinya.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Tanggal dan Waktu Tidak Sesuai

Penyebab :

Google Play Store adalah layanan real time. Artinya, settingan waktu pada HP Android mu harus sesuai waktu sekarang. Ini juga tidak hanya berpengaruh pada aplikasi Play Store saja, namun juga ada pada aplikasi Android lain yang memungkinkan waktu harus sesuai. Untuk aktifitas internet pun juga harus begitu, waktu harus sesuai sekarang.

Cara Mengatasi :


Atur waktu di HP Android mu sesuai waktu sekarang. Mulai dari jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun. Buat automatically update. Jadi, ketika HP Android mati dan hidup lagi maka waktu akan tetap sesuai. Tidak perlu menyetting ulang. Kelihataannya masalah seperti ini sepele, tapi jarang orang tahu permasalah seperti ini.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Penumpukan File Chache dan History

Penyebab :

File cache adalah sebuah file sementara hasil rekaman kinerja smartphon. Ini memang memiliki nilai lebih dimana sebuah aplikasi tanpa harus nge-load lama karena file pembuka sebelumnya sudah tersimpan pada cache. Namun, jika dibiarkan saja tanpa adanya penghapusan maka file-file tersebut akan menumpuk dan menyebabkan HP Android lemot. Kebanyakan pengguna Android jarang untuk menghapus file chache dan history. Entah itu mungkin belum tahu atau karena tidak sempat. Nah, Play Store yang tidak bisa dibuka mungkin salah satu penyebabnya adalah penumpukan file cache ini.

Cara Mengatasi :

- Menghapus File Cache Saja


Jika masalah Play Store tidak bisa dibuka karena penumpukan file cahce ini, maka cara mengatainya adalah dengan menghapus file cache tersebut. Apakah tidak apa-apa menghapus file cache ? Tidak apa-apa, malahan ini sangat direkomendasikan agar HP Android mu tidak lemot. Untuk caranya tiap HP berbeda yaa.. Intinya ada pada menu Setelan > Aplikasi > Cari Aplikasi Play Store > dan Hapus Cache.

- Menghentikan dan Hapus Data Play Store

Jika dengan menghapus file cache belum teratasi juga. Kamu bisa menghapus file data Play Store. Ini akan mengembalikan aplikasi Play Store kesettingan awal/default. Yang perlu diperhatikan, menghapus data Play Store ini akan menghapus semua data, baik itu data login, history, cache, dan file-file lain yang berhubungan dengan Play Store. Jadi, pastikan sebelum menghapus data ini, pastikan kamu mencatat data login yang terutama. Untuk caranya hampir sama dengan menghapus file cache yaitu masuk menu Setting > Aplikasi > Cari Play Store > Paksa Berhenti > Hapus Data. Tiap HP langkahnya beda-beda yaa....

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Virus

Penyebab :

Bisa jadi Play Store Androidmu tidak bisa dibuka karena ada virus yang menghentikan, atau menghapus salah satu file pendukung Play Store. Ini bisa saja terjadi, karena terkonek dengan jaringan internet akan rawan sekali dengan virus. Dan kebanyakan orang awan tidak menyadari jika sebenarnya smartphone mereka telah disusupi oleh virus.

Cara Mengatasi :

Jika Play Store berhenti tidak bisa dibuka karena virus, kamu bisa mengatasinya dengan memasang anti virus. Pastikan antivirus tersebut memiliki fitur untuk menangani virus Play Store tersebut. Memasang anti virus ini tidak ada buruknya, karena untuk berjaga-jaga agar aplikasi yang lain tidak ikut terkena. Untuk antivirus yang baik, pastikan telah mendapat bintang 4-5, dan tinjau terlebih dahulu review dari para pengguna yang sudah pernah menggunakan.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena File Terhapus


Penyebab :

Setiap aplikasi Android, pastinya terdiri dari beberapa file pendukung. Nah, jika aplikasi Play Store ini tidak bisa dibuka, salah satu kemungkinan adalah adanya file yang hilang. Entah itu kemakan virus atau bermasalah alias corrup. Jika ini terjadi, sudah bisa dipastikan sebuah aplikasi tidak akan bisa berjalan. Sebagai gambaran adalah sepeda. Untuk bisa bergerak ada file pendukung yaitu roda. Nah, jika rodanya hilang maka pasti sepeda tidak bisa bergerak.

Cara Mengatasi :

Untuk mengatasi permasalah Play Store tidak bisa dibuka karena ada file yang hilang, maka cara mengatasinya adalah dengan mendownload ulang. Bagaimana caranya ? Sementara tempat download aplikasi adalah Play Store. Kamu bisa menggunakan laptop, atau web browser untuk mendownload aplikasi Play Store. Atau bisa juga meminta pada teman kamu. Gunaka ShareIt. Aplikasi Berbagi File Tercepat.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Perangkat Bermasalah


Penyebab :

Play Store tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena perangkat itu sendiri telah mengalami masalah. Mungkin ada file pendukung sistem yang crass, sehingga menyebabkan aplikasi macet dan tidak mau dibuka. Ini jarang terjadi, namun karena mungkin salah dalam penggunaan, maka sistem perangkat bisa mengalami crass.

Cara Mengatasi :


Jika hal demikian benar adanya, maka mau tidak mau kamu harus mereset ulang HP Android mu. Dan ini akan menyebabkan semua data yang tersimpan dalam perangkat akan hilang, semua setingan-setingan akan kembali normal, layaknya HP baru. Untuk itu, sebelum melakukan cara ini pastikan kamu sudah memback-up semua data penting yang ada di HP Androidmu. Gunakan panduan tips mudah cara reset ulang semua HP Android

Kesimpulan Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka


Bisa disimpulkan, cara mengatasi dan penyebab Play Store tidak bisa dibuka adalah pertama adanya file aplikasi yang korup atau crass, dan ini paling sering terjadi. Nah, untuk cara mengatasinya seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu dengan menghapus file cache, history, dan data. Setelah itu lakukan restart ulang. Jika masih saja tetap bisa langsung kamu ambil langkah instal ulang aplikasi Play Store. Dengan begitu sistem-sistem aplikasi Play Store menjadi terbaru.

Jika tidak begitu, cobalah untuk merestart ulang perangkat terlebih dahulu, mungkin HP butuh direfresh. Atau tidak ada settingan yang keliru. Cari tahu terlebih dahulu. Bisa juga karena kebanyakan aplikasi yang terinstal, sementara spesifikasi HP Android mu begitu rendah. Terutama pada memori RAM. Ini mungkin saja bisa terjadi.

Sebenarnya dalam mengatasi Play Store tidak bisa dibuka ini banyak cara, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Akan tetapi sebelum itu kamu harus menganalisa terlebih dahulu, sebelum Play Store itu error. Entah karena setelah di root mungkin, atau instal aplikasi lain mungkin, atau yang lain. Jadi pastikan kamu menganalisa terlebih dahulu, kejadian apa yang terjadi sebelum Play Store tidak bisa dibuka. Untuk membantu penganalisaanmu, penyebab-penyebab di atas bisa kamu cermati.

Demikian, informasi cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat. Jangan lupa share yaa... Informasikan kepada yang lain !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengatasi Play Store Error Tidak Bisa Dibuka Dijamin Berhasil"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.