Cara Mengetahui dan Menghentikan Aplikasi Berjalan di Background

Cara Mengetahui dan Menghentikan Aplikasi Berjalan di Background – Memiliki smartphone Android memang memiliki banyak keuntungan. Banyak aplikasi yang dapat sobat install pada sistem operasi ini. Namun, tidak direkomendasikan sobat untuk menginstall banyak aplikasi karena bisa berefek pada perangkat smartphone. Ketahui tips download dan install aplikasi yang baik untuk smartphone.

Disisi lain, banyaknya aplikasi yang terinstall, bisa menyebabkan smartphone menjadi lambat, terutama ketika terkoneksi dengan internet. Ini bisa terjadi karena ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan meski sobat tidak sedang membuka aplikasi tersebut. Hal ini dinamakan background task atau aplikasi berjalan di latar belakang.

Menghentikan Aplikasi Berjalan di Background

Bagaimana cara mengetahui dan cara mematikan aplikasi yang berjalan otomatis di Android ini ? Cukup mudah sebenarnya. Tanpa perlu bantuan aplikasi pihakt ketiga, sobat bisa mengetahui dan menghentikan aplikasi tersebut dengan langkah-langkah mengetahui dan menghentikan aplikasi yang berjalan di background.

Mengetahui aplikasi yang berjalan di background dengan proses stats dan battery usage

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan pada background dan seberapa besar resource yang mereka konsumsi, sobat bisa menggunakan fitur bawaan Android untuk memonitor keduanya tersebut.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengaktifkan Developer Options. Fitur ini sudah ada pada tiap perangkat smartphone Android. Untuk cara mengaktifkannya adalah dengan masuk menu Settings > About Device/Phone kemudian tekan Build Number sebanyak 7 kali hingga sobat mendapatkan notifikasi Developer Options sudah aktif.

Langkah kedua yaitu masuk pada fitur Developer Options yang sudah diaktifkan tadi. Untuk caranya yaitu masuk menu Settings > Developer Options > Process Stats. Disana sobat akan melihat aplikasi apa saja yang sedang perjalan termasuk aplikasi yang berjalan pada background. Sobat bisa mengetahui seberapa besar aplikasi tersebut mengkonsumsi memori RAM dengan klik salah satu aplikasi.

Langkah ketiga untuk mengetahui seberapa besar konsumsi baterai yang digunakan yaitu masuk menu Settings > Battery. Disana juga akan muncul informasi konsumsi baterai yang digunakan tiap aplikasi. Dengan ini sobat bisa memantau aplikasi mana saja yang mengkonsumsi banyak baterai, dan sobat bisa menghentikan. Ini salah satu dari cara menghemat baterai baterai Android.

NB : Setiap perangkat beda-beda tata letak settingan. Yang pasti pokok utamanya adalah pada Process Stats dan Battery Usage

Aplikasi apa saja yang harus dihentikan dan bagaimana cara menonaktifkan aplikasi Android sementara ?

Ada beberapa aplikasi yang banyak mengkonsumsi memori dan baterai, hingga menyebabkan smartphone lemot dan baterai cepat habis. Sehingga aplikasi ini perlu untuk diberhentikan. Namun, sebelumnya tergantung dari aplikasi mana yang sobat prioritaskan. Jika ternyata aplikasi tersebut penting maka tidak mungkin untuk dihentikan.

Nah, untuk tipsnya, sobat bisa memilih dan memilah aplikasi mana yang sekiranya penting atau tidak. Misalnya game yang tidak dimainkan, atau aplikasi lain yang jarang digunakan. Yang jelas jangan menghentikan layanan Google, seperti Google Search, Google Play Services, Google Play Store, Google Contact dan lainnya jika sobat sering berinteraksi dengan layanan Google.

Ada 3 cara menghentikan aplikasi yang berjalan di background. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, masuk pada menu Settings > Apps > Pilih Aplikasi. Disana akan muncul beberapa informasi mengenai aplikasi, dan ada beberapa pilihan menu yaitu Hapus Cache, Hapus Data, Force Stop dan Uninstall atau copot pemasangan. Jika sobat ingin menghetikan sementara, sobat bisa memilih menu Stop Force.

Kedua, masuk pada menu Settings > Developer Options > Process Stats > Pilih Aplikasi > Pilih Force Stop

Ketiga, cara ini bisa sobat lakukan jika smartphone sobat terdapat fitur Reccent Apps. Fitur ini mulai ada pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop dan keatasnya. Tombol Reccent Apps ini biasanya terletak disebelah tombol Home. Jika ada maka sobat tinggal tab Reccent Apps, dan swipe ke kiri, ke kanan, atau ke atas. Tergantung tipe smartphone. Cara ini juga sama yaitu untuk menghentikan aplikasi sementara dan melonggarkan memori RAM.

Itu tadi langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di background alias latar belakang. Dengan cara ini smartphone akan lebih ringan dan berjalan lebih cepat. Namun, apa itu saja untuk bisa mempercepat kinerja smartphone. Tidak masih ada banyak. Sobat bisa mengetahuinya dengan cara ampuh meningkatkan kinerja smartphone Android. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Jangan lupa share sebagai bentuk peduli kepada yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui dan Menghentikan Aplikasi Berjalan di Background"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.