Cara Mereset Android Tanpa Menghapus Aplikasi Yang Terpasang

Cara Mereset Android Tanpa Menghapus Aplikasi Yang Terpasang ini memang perlu dilakukan ketika smartphone Android kita mengalami hang atau lemot. Karena, kebanyakan study kasus HP Android lemot, bisa kembali normal dengan cara di reset seperti ini.

Namun, ada beberapa kendala jika kita melakukan reset Android. Pasalnya, data yang ada dalam smartphone Android, yang tersimpan dalam memori internal akan hilang baik itu berupa file foto, musik, video dan bahkan aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang.

Nah, disini carainter.net akan berbagi tips cara reset Android tanpa menghapus aplikasi yang terinstal. Akan tetapi jika tidak ingin terlalu beresiko, dan smartphone Android Anda tidak lagi lemot bisa gunakan cara ampuh meningkatkan kinerja smartphone Andriod yang lelet.

Cara Mereset Android Tanpa Menghapus Aplikasi Yang Terpasang

Cara Reset Android Setelan Pabrik

  • Pertama masuk pada menu setelan/pengaturan
  • Setelah itu pilih opsi privasi
  • Disini, sobat bisa pilih atur ulang setelan

Jika ingin lebih mudah, gunakan kode reset saja yaitu *#*#7780#*#*. Setelah menekan tombol dial, maka akan muncul notofikasi reset. Pilih Ya.

NOTE : Setiap HP Android memiliki lokasi yang berbeda. Intinya pada menu pengaturan yang berhubungan dengan reset. Cara ini tidak menghapus aplikasi hanya mengembalikan setelan saja.

Cara Reset Android Data Pabrik

  • Pertama masuk pada menu setelan/pengaturan
  • Setelah itu pilih opsi privasi
  • Kemudian pilih “Data Factory Reset”
  • Nantinya akan dimintai konfirmasi “Factory Reset Data”
  • Jika sudah benar yakin, maka pilih “Erase”
  • Akan muncul pop up baru yang harus kamu centang beberapa pilihan yang menurut kamu benar.
  • Setalah itu HP Android memulai proses reset dan jika sudah selesai akan diakhiri dengan reboot otomatis.

Jika ingin lebih mudah gunakan kode reset data pabrik saja yaitu *2767*3855#. Setelah menekan tombol dial, maka secara otomatis HP akan memulai reset tanpa adanya notifikasi. Jadi tidak bisa dibatalkan.

NOTE : Setiap HP Android memiliki lokasi yang berbeda. Intinya pada menu pengaturan yang berhubungan dengan reset. Cara reset data pabrik ini akan menghapus semua aplikasi yang sudah terpasang/terinstall. Jadi, pastikan untuk backup terlebih dahulu.

KESIMPULAN :

Sebenarnya, ada dua reset Android. Yaitu soft reset dan hard reset. Untuk soft reset hanya mengembalikan pengaturan/settingan saja. Pengaturan/settingan yang dimaksud seperti, tampilan tema, font size huruf, nada dering, dan lainnya yang berhubungan dengan pengaturan-pengaturan sistem. Tapi tidak menghapus aplikasi yang sudah diinstall.

Sementara untuk hard reset, ini mengembalikan keseluruhan seperti awal kita membeli smartphone Android. Kembali seperti baru lagi, dan semua isi yang ada dalam smartphone akan hilang. Semua data baik berupa file atau aplikasi. Jadi, pastikan sobat membackup terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset ini.

Demikian informasi dan cara mereset HP Android tanpa menghapus aplikasi yang terinstall. Semoga tutorial sederhana di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu. Oh, ya.. Untuk hard reset atau mengembalikan data pabrik ada cara yang lebih mudah dan lebih familiar. Yaitu dengan kombinasi tombol power dan volume. Cara ini yang paling sering dilakukan orang, karena lebih manjur untuk urusan reset-reset.

Kombinasi tombol untuk bisa masuk mode reset ini tiap merek HP Android beda. Namun, jika HP Android sobat adalah Asus,  Xiaomi, Samsung dan Lenovo bisa mengunjungi laman berikut :
Nah, untuk merk HP Android lain. Tunggu sebentar yaa... akan kami informasikan secepatnya.

PERHATIAN

Cara-cara yang kami sampaikan di atas diambil dari berbagai sumber. Jika ada kejadian yang tidak diinginkan bukan tanggung jawab carainter.net. Untuk itu, pastikan sobat memahami betul cara-cara reset Android. Jika tidak yakin, lebih baik bawa ke service center terdekat saja. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mereset Android Tanpa Menghapus Aplikasi Yang Terpasang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.