Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Yang Baik dan Benar

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Yang Baik dan Benar ini tentu sangat membantu ketika HP Android Samsung mengalami kendala sistem alias jerohan. Kendala yang dimaksud tersebut misal seperti hang, nge-lag, lemot, dan kurang optimal. Dengan melakukan cara ini bisa menjamin kinerja HP Samsung kembali normal.

Sebelumnya, ada beberapa yang harus Anda ketahui masalah HP Android lemot alias hang. Bisa saja, lemot smartphone Anda tersebut karena Anda terlalu banyak menginstal aplikasi pada smartphone. Padahal, spesifikasi smartphone Android Samsung Anda begitu rendah. Jadi, sebelum melakukan tindakan reset HP Samsung, ada baiknya Anda mengetahui penyebab HP Android bisa lemot.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Yang Baik dan Benar

Namun, jika Anda menyakini lemot atau lag pada HP Samsung Anda adalah karena kerusakan sistem, atau terkena virus yang memang sudah tidak bisa diatasi dengan antivirus dan sudah menyerang sistem, maka cara reset HP Samsung ini perlu Anda lakukan. Tapi jika masih bisa dilakukan dengan cara ampuh meningkatkan kinerja smartphone Android yang lelet ini, ya kenapa tidak ???

Untuk cara mereset HP Samsung galaxy, reset HP Samsung J1, reset HP Samsung grand duos, dan tipe-tipe HP Samsung lainnya cukuplah mudah. Karena fitur reset HP Samsung ini sudah ada di dalam smartphone Samsung itu sendiri. Cuma, yang cukup membingungkan adalah letak menu reset tersebut.

Nah, untuk memudahkan Anda mereset HP Samsung, maka disini carainter.net akan berbagi tutorial langkah-langkah reset HP Samsung. Baik, langsung saja berikut ini caranya.

Cara Mereset HP Samsung Yang Benar

  • Pertama, masuk pada menu pengaturan/setting
  • Selanjutnya cari dan taps menu “reset”
  • Kemudian akan muncul dua opsi pilihan reset yaitu “Reset Setting” dan “Reset Master”

PENTING :

Untuk pilihan opsi “Reset Setting” ini untuk memulihkan semua pengaturan sistem HP Samsung saja, seperti pengaturan nada dering, jenis font, thema, dan lainnya. Semua yang berhubungan dengan pengaturan-pengaturan sistem Android. Untuk data-data yang ada dalam smartphone tidak hilang.

Sementara untuk pilihan opsi “Reset Master” ini digunakan untuk mereset semua HP Samsung, baik pengaturan, data-data, dan lainnya. Jadi HP Samsung Anda akan kembali seperti pertama kali Anda beli. Untuk data-data yang ada dan aplikasi yang sudah terinstal akan ikut hilang.

Sudah faham ??? Kita lanjut ... !!!

Untuk Opsi Reset Setting
  • Setalah taps pilihan opsi “Reset Setting” akan muncul jendela baru dan disini Anda disuruh untuk memilih pengaturan mana saja yang akan direset. Sebaiknya pilih semua atau select all.
  • Lanjut dengan taps/klik “Reset” dan taps lagi “Ya”
  • Sampai disini Anda akan diminta untuk mengisi kode pabrik hp Samsung. Jika belum dirubah kode angkanya adalah 1234 atau 12345. 
  • Jika berhasil, HP Samsung akan mulai proses reset. Tunggu sampai selesai. Biasanya hanya beberapa menit saja.

Untuk Opsi Reset Master

  • Taps/klik pilihan “Reset Master”
  • Selanjutnya akan muncul pesan pop up yaitu “Semua data dan pengaturan akan dihapus. Lanjutkan ...?”
  • Jika sudah yakin, klik “Ya”
  • Sama seperti reset setting yaitu diminta untuk memasukkan kode pabrik. Yaitu 1234 atau 12345.
  • Jika berhasil, maka reset HP Samsung akan berjalan dan tunggu beberapa menit.

Bagaimana mudah bukan ? Selain menggunakan cara di atas, masih ada satu cara lagi untuk reset HP Samsung. Yaitu menggunakan hard reset atau Factory reset. Caranya yaitu menggunakan kombinasi tombol power dan volume. Berikut langkah-langkahnya.

Reset HP Samsung dengan facoty reset
  • Pertama matikan HP Samsung
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan hingga muncul logo Samsung dan lepaskan.
  • Kemudian akan muncul menu “Recovery Reset”. 
  • Pilih “Wipe data factory reset” dengan anak panah down.
  • Untuk menyetujui tekan tombol power.
  • Setelah itu pilih “Yes—delete all user data”
  • Lanjutkan dengan memilih “Reboot system now”
  • Maka proses factory reset akan berjalan dan tunggu hingga selesai

PENTING

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan data. Sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu sebelum melakukan reset. Baik reset setting , master reset atau factory reset. Anda bisa menggunakan Samsung Kies untuk membackup data-data penting Anda yang ada pada smartphone. Atau bisa dibackup di PC/Laptop.

Sebelum melakukan reset, pastikan baterai HP Samsung tersebut terisi penuh. Alahkan baiknnya sambil di charge. Karena jika gagal ketika proses reset karena baterai habis, maka akan menimbulkan efek buruk.

Untuk kombinasi tombol pada factory reset tiap tipe HP Samsung beda-beda. Akan tetapi kebanyakan menggunakan kombinasi tombol tersebut.

Itulah cara reset HP Samsung. Cukup mudah bukan ? Langkah-langkah reset yang tersebut di atas untuk HP Samsung yaa.... Nah, untuk HP Android lain seperti Xiaomi, Lenovo, Asus bagaimana ? Tenang, bisa Anda dapatkan semua di ulasan berikut ini.


Untuk tipe HP Android lainnya, tunggu sebentar yaa... akan segera kami update.

Demikian informasi cara reset HP Samsung yang baik dan benar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu mengatasi hp Anda yang lemot atau hang minta di reset. Jangan lupa share yaa... Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.