3 Cara Mudah Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

3 Cara Mudah Mengembalikan Data Setelah Factory Reset – Melakukan reset Android memang banyak untungnya. Salah satunya yaitu menjadikan smartphone kembali ngebut meski smartphone tersebut sudah berumur. Namun, ada banyak resiko yang harus diambil ketika melakukan reset smartphone Android. Salah satunya seperti kehilangan data yang ada dalam smartphone. Ini memang menjadi momok tersendiri, terutama bagi seseorang yang baru kenal dunia Android. Ingin smartphone Android ngebut ? Gunakan cara ampuh meningkat kinerja smartphone Android yang lelet.

Tapi tenang. Kali ini carainter.net akan berbagi sedikit tips cara mengembalikan data setelah factory reset. Tips berikut ini sangatlah mudah, tidak mengharuskan untuk menginstal aplikasi-aplikasi lain, dan pastinya kamu bisa melakukan. Baik, langsung saja ya, berikut cara simple mengembalikan data setelah factory reset.

cara mengembalikan data setelah factory reset

Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset


Sebenarnya, ada banyak cara mengembalikan data setelah melakukan factory reset. Disini akan kami ambil 3 cara saja yang paling sederhana, dan ini dipastikan data bisa kembali kesedia kala. Apa saja 3 cara mudah mengembalikan data setelah factory reset tersebut ? Mari disimak !

1. Mengembalikan data dengan acount Google

Membuat acount Google pada smartphone Android adalah penting sekali dan banyak kegunaannya. Salah satunya yaitu untuk backup dan restore data. Untuk caranya masuk pada menu pengaturan, kemudian cari menu “Backup Account” atau “Pencadangan”. Nah, disitu bisa Anda masukkan acount google Anda. Jika belum punya akun Google, bisa gunakan cara membuat email Gmail

Anda bisa menggunakan acount Google lainnya. Maksudnya, acount Google yang Anda gunakan untuk backup sebelumnya adalah Acount “A” dan setelah melakukan factory reset kemudian Anda membuat acount Google baru yaitu “B”. Data tetap dapat dikembalikan, namun dengan syarat Anda harus menambahkan account “A” tanpa perlu log out account “B”. Caranya tinggal masuk pada menu Pengaturan/Settings, kemudian pilih Account dan pilih lagi Add Account. Setelah itu tunggu singkronisasi selesai.

2. Mengembalikan data dengan account smartphone

Pada smartphone sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur backup dan restore. Baik itu pada smartphone Samsung, Lenovo, Xiaomi, Sony Xperia, Asus Zenfone, Oppo, Vivo dan sebagainya. Tetapi kebanyakan orang belum mengetahuinya. Karena mungkin masih awam dengan hal seperti ini. Disetiap perangkat smartphone sudah diberikan fasilitas backup dan restore bawaan. Jika pada Samsung ada Samsung Account, jika pada Xiaomi ada Acount MI.

Untuk mengembalikan data dengan account smartphone cukup mudah juga. Hampir sama seperti cara di atas. Yaitu setelah Anda melakukan factory reset, selanjutnya masuk pada menu Setting, kemudian cari menu account smartphone (jika pada Samsung pilih Samsung Account, pada Xiaomi ada Account MI), masukkan account Anda. Setelah itu pilih menu Restore.

3. Mengembalikan data dengan aplikasi PC/Laptop

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, dan mungkin Anda lupa mengaktifkan fitur backup atau lupa data account, maka cara ketiga ini adalah penyelesainnya. Yaitu menggunakan bantuan aplikasi ketiga yang terpasang di PC/Laptop. Aplikasi PC untuk mengembalikan data setelah factory reset cukup banyak sekali. Namun Anda bisa mencoba Gihosoft Android Recovery, Dr.Fone Android Recover, dan atau Jihosoft Mobile Recovary. Pilih salah satu dan install pada PC/Laptop Anda, setelah itu jalankan.

Nah, itulah 3 cara mudah mengembalikan data setelah factory reset. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati, dan kuasai tips mudah cara reset ulang semua HP Android yang lemot dan cara backup aplikasi Android sebelum factory reset. Agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulannya, mengembalikan data setelah factory reset cukuplah susah susah gampang. Yang paling perlu diperhatikan adalah jika menggunakan sistem acount-acount (cara 1 dan 2) jangan sampai lupa dengan username dan password accountnya. Jika menggunakan cara ke-3 dengan bantuan aplikasi PC, haruslah cukup menguasai aplikasinya.

Demikian cara mengembalikan data setelah factory reset. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Terimakasih.

sumber : heyriad.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Mudah Mengembalikan Data Setelah Factory Reset"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.