Sinyal 4G Hilang ? Berikut 8 Cara Mudah Mengatasinya

Mengatasi sinyak 4G hilang atau lemah di HP Android – Memiliki smartphone dengan jaringan sinyal yang buruk atau lemah sangatlah menjengkelkan. Lebih emosinya lagi pas main game online, tiba-tiba sinyal melemah akhirnya game nyendat-nyendat. Sinyal adalah faktor utama dalam konektivitas jaringan internet. Semua hubungan komunikasi dan konek internet jadi terkendala jika sinyal mulai menurun. Sebenarnya ada cara mempercepat koneksi internet Android tanpa root yang bisa kamu coba, untuk mendapatkan kecepatan kencang dan stabil.

Back to sinyal 4G hilang. Ada banyak penyebab, kenapa sinyal 4G bisa hilang secara tiba-tiba. Bisa karena lokasi daerah yang belum support jaringan 4G, bisa karena simcard, bisa juga karena smartphonenya. Untuk itu, kali ini carainter.net akan membahas apa saja penyebab sinyal 4G hilang dan cara mengatasinya. Baik, langsung saja simak ulasan berikut cara mengatasi sinyal 4G hilang.

sinyal 4G hilang

Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul atau Hilang


Cek Kartu Perdana

Pertama, untuk mengatasi sinyal 4G yang tidak muncul adalah dengan memastikan kartu yang kamu gunakan sudah support 4G. Ini cukup sepele memang, akan tetapi sangat mempengaruhi tampil tidaknya sinyal 4G. Jika ternyata kartu perdana yang terpasang pada smartphone belum support jaringan 4G, sebaiknya kamu menukarkan pada service center perdanamu.

Cek Smartphone Android

Langkah selanjutnya setelah memastikan kartu perdana support 4G adalah memastikan smartphone Android kamu juga sudah support 4G. Pasalnya, ada smartphone yang hanya mentok pada jaringan 3G atau HSPA+. Untuk itu ini juga perlu kamu cek. Memang diluar sana ada banyak cara menjadikan smartphone 3G ke 4G. Namun itu hanya tampilan icon saja. Soal jaringan kemungkinan masih sama.

Cek Slot Kartu SIM (jika Dual SIM)

Jika smartphone kamu dual SIM, maka memastikan slot SIM yang mana yang support 4G juga perlu. Karena, ada juga smartphone yang mengusung dual SIM namun tidak kedua-duanya support 4G. Hanya salah satu saja. Biasanya hanya slot SIM 1 saja yang support jaringan 4G. Jadi, lakukan pengecekan terhadap slot SIM mana yang support dengan jaringan 4G.

Cek Lokasi Setempat

Kartu SIM oke, smartphone oke, slot juga oke, selanjutnya adalah memastikan lokasi kamu berada support 4G. Ini juga harus dilakukan, karena jika lokasi tempat tinggal belum menjangkau jaringan 4G, maka dengan cara apapun tetap tidak akan muncul jaringan 4G. Sebagai tes awal, kamu bisa mencoba pada daerah perkotaan yang pasti suppot dengan jaringan 4G.

Restart Jaringan

Mengatasi sinyal 4G hilang selanjutnya adalah dengan melakukan restart jaringan. Caranya cukup simple yaitu dengan meaktifkan mode pesawat kemudian mengkatifkan lagi. Dengan ini jaringan akan kembali fresh dan memperbarui sinyal jaringan. Selain dapat mengatasi sinyal 4G hilang, cara ini juga bisa digunakan ketika jaringan lemot, agar kembali fresh dan stabil lagi.

Ganti Mode Jaringan

Selanjutnya adalah dengan mengganti mode jaringan. Setiap perangkat smartphone Android sudah dilengkapi dengan mode jaringan 2G, 3G, dan 4G. Berdasarkan kekuatan sinyal, tentu yang 4G paling tinggi dan ini yang diburu para pengguna smartphone. Sinyal 4G bisa mencapai kekuatan 900/2100 MHz. Cara beralih dari satu mode ke mode lain cukup mudah, yaitu masuk ke menu Settings > Wireless & Networks > Mobile Network Mode. Nah disana ada beberapa pilihan yaitu WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered dan 4G LTE Only. Ganti pada mode 4G LTE Only.

Gunakan Lock Sinyal 4G Only

Jika cara ganti mode jaringan di atas tidak tampil, kamu bisa menggunakan dengan cara berikut yaitu menggunakan kode rahasia untuk membuka lock sinyal 4G Only. Ketikkan kode rahasia *#*#4636#*#* pada dialer smartphone kamu. Setelah itu akan muncul beberapa opsi jaringan mode. Pilih LTE Only.

Jika ternyata dengan kode rahasia ini tidak mau terbuka atau tidak support di HP Android kamu, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi lock 4G. Kamu bisa download aplikasi lock 4G pada Google. Sayangnya, ada beberapa smartphone yang mengharuskan akses Root untuk membuka aplikasi ini.

Factory Reset

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan reset smartphone atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Dengan langkah ini smartphone kamu akan kembali normal dan sinyal 4G akan muncul. Tapi perlu diperhatikan, lakukan langkah terakhir ini jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan dan analisa. Selain itu, pastikan juga sudah melakukan backup data-data penting. Karena ini akan menghilangkan semua data dalam memori smartphone. Termasuk kontak kartu yang tersimpan dalam smartphone. Berikut cara backup aplikasi Android sebelum factory reset

Untuk reset smartphone Android, bisa gunakan cara mereset Android tanpa menghapus aplikasi yang terpasang agar aplikasi tidak hilang dan gunakan tips mudah cara reset semua HP Android

Demikian cara mudah mengatasi sinyal 4G hilang. Semoga langkah-langkah di atas bermanfaat dan bisa memberi solusi mengatasi sinyal 4G hilang. Jika punya cara lain yang lebih mudah bisa sumbangkan pada kolom komentar yaa... Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinyal 4G Hilang ? Berikut 8 Cara Mudah Mengatasinya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.