Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update, 3 Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual - PDF merupakan sebuah format dokumen yang banyak digunakan dalam pembuatan sebuah makalah maupun proposal. Dimana dengan menggunakan format ini menjadikan file tersebut kelihatan lebih rapi dan tidak akan bisa diperbaiki lagi. Berbeda dengan Ms. Word, dimana jika ada penulisan maka kita bisa langsung mengeditnya dan menyimpannya kembali.

Sebenarnya ada cara gimana agar file PDF tersebut itu bisa diedit, yakni merubahnya menjadi format word terlebih dahulu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita ingin membahas artikel tentang cara merubah file pdf ke word secara manual yang bisa kalian coba nantinya.

Untuk melakukan hal ini, kita punya 3 cara yang bisa kalian terapkan nantinya. Dimana untuk 2 cara yang pertama berbasis online, sementara untuk cara terakhir berbasis offline sehingga kalian tak membutuhkan koneksi internet nanti. Baiklah tak perlu berlama-lama lagi, bagi kalian yang sudah penasaran langsung simak saja ulasannya dibawah ini.

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual dengan Google Docs

Untuk cara pertama kali ini kalian bisa meminta bantuan dari Google Docs milik perusahaan Google itu sendiri. Dengan menggunakan situs ini, maka kalian bisa mengubah jenis file menjadi bentuk file yang di inginkan dengansangat mudah.Penasaran gimana caranya? Yuk langsung simak saja dibawah ini.

  • Langkah pertama silahkan buka situs Google Docs melalui PC kalian
  • Setelah terbuka, silahkan kalian klik kolom dibawah gambar dokumen berbentuk folder bernama ‘Buka pemilih file’
  • Setelah itu muncul sebuah pop-up, silahkan klik menu Upload
  • Selanjutnya klik menu Pilih file dari komputer anda
  • Setelah proses upload selesai, silahkan buka file tersebut. Nantinya kalian bakal dialihkan dan bisa melihat file yang telah diupload tadi melalui Google Docs
  • Nah untuk merubah file tersebut, silahkan pilih menu File, lalu pilih Download As >> Microsoft Word
  • Selesai

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual dengan Converter Online

Selain memanfaatkan layanan Google Docs, masih ada cara lain yang bisa kalian lakukan yakni dengan menggunakan salah satu situs online terpercaya untuk mengatasi masalah seperti ini. Situs tersebut bernama SmallPDF, dimana dengan situs ini menyediakan tool sederhana untuk membantu mengconvert dokumen yang di inginkan tadi dengan sangat mudah. Yuk langsung saja simak caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama silahkan kalian buka situs: https://smallpdf.com/id/pdf-ke-word melalui aplikasi browser
  • Setelah berhasil terbuka, silahkan tap menu Pilih File. Lalu cari file PDF yang ingin kalian ubah menjadi word tadi
  • Tekan Open, dan tunggu prosesnya
  • Setelah upload otomatis tadi, maka file PDF kalian tadinya bakal diubah menjadi file Word secara otomatis
  • Selanjutnya, silahkan download file yang telah di convert tadis
  • Selesai

Gimana? Mudah banget kan cara diatas? Namun ingat ya, karena cara ini berbasis online maka pastikan jika dirumah kalian memiliki koneksi internet ya. Jika tidak ada internet maka cara ini tak akan bisa gunakan nantinya.

       KETAHUI JUGA !!!

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual dengan Bantuan Microsoft Word

Untuk cara diatas tadi kalian membutuhkan koneksi internet, karena memang layanan tersebut bebasis online. Namun jika kalian kebetulan tidak memiliki kuota internet, maka cara kedua ini bisa jadi solusi cerdas buat kalian coba. Untuk cara kedua ini kita akan menggunakan aplikasi Micorsoft Word, ya pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Namun untuk bisa melakukannya, syaratnya ialah kalian harus menggunakan komputer atau laptop yang berbasis OS Windows 10. Jika versi OS kalian masih dibawahnya, maka cara ini tidak akan bisa kalian lakukan nantinya. Oke, jika syaratnya sudah kalian penuhi, langsung saja simak caranya dibawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi Microsoft Word dari PC Kalian
  • Pada halaman depan, silahkan klik menu File yang ada di pojok kiri atas layar, setelah itu klik menu Open untuk membuka file PDF kalian
  • Setelah ketemu, klik dokumen tersebut dan tekan menu Open, nantinya kalian bakal mendapat notifikasi mengenai perubahan jenis file tersebut
  • Tekan OK, untuk mengconvert file pdf tersebut agar menjadi file Word
  • Tunggu hingga prosesnya selesai

Untuk menggunakan layanan ini kamu bisa melakukannya kapanpun tanpa harus tersambung ke layanan internet dahulu. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian mengupgrade OS laptop kamu pada Windows 10, agar nantinya bisa mendapatkan layanan keren yang diberikan oleh pihak Microsoft ini.

Nah itu tadi beberapa cara untuk merubah file pdf menjadi word yang bisa kami bagikan. Cara diatas merupakan yang paling mudah untuk dilakukan, dan sebenarnya juga masih banyak sekali situs penyedia jasa convert tersebut, namun kita hanya merekomendasikan yang paling banyak digunakan saja.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kami, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian semua. Jangan lupa untuk share ulasan ini ke sosial media agar nantinya juga berguna bagi orang lain. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Update, 3 Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual"