[UPDATE] Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Dengan Root

Cara Internet - Smartphone Android memang memberikan banyak kemudahan, selain itu banyak aplikasi yang mendukung platfon ini. Selain dapat menginstal berbagai aplikasi tambahan, pihak smartphone sendiri biasanya sudah melengkapi dengan aplikasi, atau biasa disebut dengan aplikasi bawaan Android. Namun tidak semua aplikasi bawaan Android disukai oleh pengguna, terkadang ada beberapa yang ingin menghapus aplikasi bawaan Android.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara hapus aplikasi bawaan Android dapat dilakukan dengan dua cara, cara pertama yaitu menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, sedangkan cara kedua hapus aplikasi Android yang sudah di root. Jika Android sudah di root maka akan lebih mudah dalam menghapus aplikasi bawaan tetapi juga masih membutuhkan dukungan aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan android. Tetapi jika belum di root hanya bisa menonaktifkan, karena tidak memiliki hak akses sepenuhnya. Untuk cara menghapus aplikasi bawaan android simak ulasan berikut ini.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Belum di Root

Sebenarnya untuk menghapus aplikasi bawaan Android yang belum di root tidak menghapusnya dari smartphone, tetapi hanya menonaktifkan saja. Meski demikian, aplikasi tersebut sudah tidak dapat berfungsi lagi dan seakan-akan hilang dari smartphone Android. Untuk menghapus aplikasi bawaan android tanpa root caranya ada dua variasi, karena setingan OS Android terdahulu dengan yang sekarang berbeda. Untuk sistem operasi Android versi sebelum KitKat Anda dapat melakukannya dengan membuka fitur add drawer > tap menu, selanjutnya pilih hide application, pilihlah aplikasi yang hendak ingin Anda sembunyikan, yang terkhir tap done.

[ baca juga : Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Restart Sendiri ]

Sedangkan untuk Android versi KitKat Anda cukup masuk pada menu setting > devuce > apps, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, jika sudah pilih force stop kemudian pilih disable. Dengan melakukan cara ini, aplikasi bawaan Android akan ter-hidden dan membuat apliksi akan dinonaktifkan oleh sistem.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Sudah di Root

Apabila smartphone Android yang sudah diroot, maka menghapus aplikasi bawaan Android akan lebih mudah. Karena seperti yang sudah saya utarakan di atas, smartphone yang sudah diroot akan memiliki banyak kebebasan alias multi user, salah satunya ya menghapus aplikasi bawaan Android ini. Namun, meski sudah di root menghapus aplikasi Android bawaan masih membutuhkan bantuan aplikasi lain.
Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan, seperti Nobloat Free. Selain dapat menghapus aplikasi bawaan Android, aplikasi ini juga dapat untuk membackup data. Ada lagi aplikasi dengan nama “Titanium Backup” dan “System App Remover” yang dapat memindah aplikasi ke dalam SD card.

[ baca juga : Cara Unroot Android Tanpa PC Mudah Dengan Baik dan Benar ]

source : eraponsel

UPDATE – PASTIKAN SOBAT MEMBACA

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan CCleaner

Selain dengan cara di atas, sobat bisa menghapus aplikasi bawaan Android dengan bantuan Ccleaner. Aplikasi ini selain sebagai pembersih sampah-sampah, juga dapat digunakan untuk menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang ada pada smartphone. Jadi, ada banyak sekali manfaat memasang aplikasi ini pada smartphone sobat.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root

  • Pertama, pasang aplikasi CCleaner pada smartphone sobat. Jika belum punya, bisa download di Google Play Store.
  • Setelah berhasil install, buka aplikasi tersebut. Kemudian tap icon tiga baris (kiri atas)
  • Ada beberapa opsi pilihan menu dan pilih App Manager
  • Selanjutnya pilih System kemudian pilih lagi icon tong sampah
  • Sampai disini sobat akan notifikasi yang menerangkan menghapus aplikasi atau system bisa menyebabkan masalah. Sobat tekan saja Continue jika ingin melanjutkan.
  • Setelah itu sobat akan disuguhi beberapa aplikasi yang terinstall pada smartphone sobat.
  • Pilih aplikasi yang hendak ingin dihapus, dan lanjutkan dengan menekan Uninstall.
  • Selesai.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Link2SD

Selain CCleaner, ada aplikasi lain lagi yang dapat digunakan untuk membantu menghapus aplikasi bawaan Android. Aplikasi tersebut adalah Link2SD. Link2SD adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menghapus, mengedit aplikasi, dan memindahkan aplikasi. Sobat bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghapus aplikasi bawaan. Namun dengan syarat smartphone Android harus sudah di root.

Berikut, cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan root

  • Pertama, sobat install terlebih dahulu aplikasi Link2SD ini smartphone Android sobat. Jika belum punya, bisa download di Google Play Store gratis.
  • Setelah berhasil terpasang, sekarang cari aplikasi yang hendak ingin sobat hapus/uninstall.
  • Jika udah menemukan, tap aplikasi tersebut maka akan tampil Info Apl. Nah disebelah kanan tulisan ini ada icon tiga titik (kanan atas). Tap icon tersebut makan akan muncul beberapa opsi menu lagi. Pilih hapus / uninstall.
  • Selesai.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Root Explorer

Ada satu aplikasi lagi yang bisa sobat coba untuk menghapus aplikasi bawaan Android, yaitu Root Explorer. Aplikasi juga bersifat gratis dan bisa sobat dapatkan di Google Play Store. Root Explorer dapat digunakan untuk menghapu aplikasi bawaan, aplikasi yang baru sobat pasang sendiri, dan lainnya. Cara menggunakan aplikasi Root Explorer ini cukup mudah, begitu juga dengan tampilan yang simple. Namun, syarat bisa menggunakan aplikasi ini adalah smartphone Android sudah dalam keadaan root.

Berikut, cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Root Explorer
  • Pertama, pasang/install aplikasi Root Explorer di smartphone Androin sobat.
  • Setelah itu, buka aplikasi dan masuk pada directory / sytem / app.
  • Cari aplikasi yang hendak ingin sobat hapus / install. 
  • Jika sudah menemukan, tap icon tong sampah yang muncul di atas. 
  • Selesai.

Tips Sebelum Menghapus Aplikasi Bawaan Android

  • Jangan menghapus aplikasi Android yang berlogokan icon robot Android
  • Jangan menghapus aplikasi yang sifatnya system Android
  • Jangan menghapus aplikasi dengan ada tulisan -Odex-
  • Pastikan melakukan backup sebelum menjalankan langkah-langkah di atas
  • Lakukan dengan hati-hati dan kuasai betul langkah-langkah sobat
  • Jika tidak yakin, lakukan dengan seseorang yang sudah ahli

Demikian cara menghapus aplikasi bawaan android, semoga cara-cara di atas dapat membantu mengatasi masalah aplikasi pada smartphone Android Anda. Kunjungi terus carainter.net untuk mendapat cara-cara seputar gadget lainnya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "[UPDATE] Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Dengan Root"

  1. Nice post, kadang orang-orang bingung dengan aplikasi bawaan ini yang dibingungkan untuk menghapusnya karena tidak adanya pilihan, memang ngga bisa dihapus ya , syukur ada alternatifnya
    Punya android? coba cara mendapatkan uang disini

    ReplyDelete
  2. Anda memiliki utang, sewa yang belum dibayar atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya kartu ID, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman tinggi hingga periode pembayaran 10 Miliar Rupiah.Our adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kita, kita menangani semuanya dalam satu hari.
    Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  3. ada tutorial cara nge root hp android ga ya mas?

    www.tokoonlinebaru.com

    ReplyDelete
  4. Tetap kurang memuaskan sih sebenernya, soalnya cuma hide, bukan benar-benar menghapus. Hmmm

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.