Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fix! Mengatasi Notif Ads.txt Google Adsense Yang Bandel Tidak Mau Hilang


CaraInter.net - Sebelumnya saya juga sempat dipusingkan dengan masalah notifikasi pada Google Adsense yang tidak mau hilang. Awalnya, setelah adanya pemberitahuan dari pihak Google Adsense untuk memasang ads.txt pada semua publisher, seketika itu juga langsung saya pasang. Alhamdulillah, setelah menunggu 1x24 jam, notifikasi sudah hilang. Akan tetapi, selang beberapa bulan, notifikasi ini muncul lagi.

Baiklah, saya ulangi cara awal untuk memasang ads.txt di blog. Harapan setelah itu notifikasi tidak muncul lagi. Tapi, ternyata notifikasi itu tetap ada. Padahal, sudah terpasang dengan baik diblog. Karena ada yang bilang tidak apa-apa yang penting sudah terpasang diblog dan mungkin pihak Google Adsensenya yang masih belum cek, akhirnya saya biarkan saja.

Fix! Mengatasi Notif Ads.txt Google Adsense Yang Bandel Tidak Mau Hilang
Source : tipsdantrik.web.id

Setelah beberapa bulan berlalu, saya jadi was-was karena notifikasi tersebut belum hilang juga. Terlebih, dalam notifikasi tersebut tertulis menyangkut penghasilan. Wahh... bisa berabe ini. Coba untuk browsing lagi, tanya-tanya di forum, semua jawaban sama, pada bingung juga.

Setelah saya cek kembali, ternyata ada kendala. Yaitu ketika saya cek melalui namadomain.com/ads.txt bukannya tampil kode tapi malah ke-redirect ke namadomain.com. Iseng-iseng cek punya teman, dengan cara yang sama bisa menampilkan kode ads.txt. Tapi saya coba tanya, katanya notifikasi tetep muncul di atas. Memang bener-bener susah dan bikin bingung menghilangkan notifikasi ads.txt ini.

Tapi usaha tidak cukup sampai disitu. Saya kembali tongkrongin forum dan tanya-tanya, ada yang menyebutkan karena pengaruh theme atau template. Langsung saya kontak pembuat template dan menanyakan masalah ini. Tapi jawabnya, tidak ada masalah dengan template dan coba dicek ternyata kode ads.txt itu bisa tampil. Tapi lagi kendalanya bisa tampil jika dicek dengan www.namadomain.com/ads.txt jika tanpa www otomatis langsung ke-redirect ke namadomain.com

Karena sudah cukup melelahkan dan berlangsung berbulan-bulan, akhirnya rasa penasaran dan yaa harusnya sih dihilangkan, karena normalnya tidak begitu, ketika ada notifikasi demikian, berarti ada yang kurang beres dengan blog kita.

Akhirnya saya coba browsing-browsing lagi cara menghilangkan notifikasi ads.txt. Saya coba baca berulang-ulang blog sumber yang dulu pernah juga saya baca. Mungkin saya kurang pemahaman. Kebetulan blog yang saya buka adalah sugeng.id. Tapi tetap juga tidak ada penjelasan yang lebih mendalam, sama aja. Hahaha...

Tapi lagi, dan tapi terus, iseng-iseng baca komen mas sugeng membalas komentar mencamtumkan link terkait mengatasi masalah ini. Saya coba buka blognya yaitu kompiajaib.com disitu tertera video pengalaman memperbaiki notifikasi ads.txt di dashboard adsense.

Cara Memperbaiki Notifikasi Ads.txt Pada Dashboard Adsense

  • Ternyata caranya gampang, berikut :
  • Hapus custom domain pada blog sobat
  • Setelah itu reload halaman untuk memastikan sudah benar-benar terhapus dan kembali kenama namadomain.blogspot.com
  • Tambahkan lagi nama domain dengan nama domain tadi (Tidak perlu setting apapun di provider domain)
  • Jangan lupa ceklist redirect namadomain.com to www.namadomain.com
  • Setelah berhasil, jangan lupa juga aktifkan http ataupun https

KESIMPULAN

Jadi permasalah tidak bisa hilang notifikasi ads.txt adalah pada domain, bukan karena pengaruh template atau settingan dalam blog. Pada video tersebut juga dijelaskan, jika url yang dapat diakses internet ada 4
  • http://namadomain.com
  • http://www.namadomain.com
  • https://namadomain.com
  • https://www.namadomain.com
Jika salah satu dari ke 4 url tersebut kode ads.txt tidak bisa tampil maka selamanya notifikasi akan tetap muncul di dashboard Adsense.
  • http://namadomain.com/ads.txt
  • http://www.namadomain.com/ads.txt
  • https://namadomain.com/ads.txt
  • https://www.namadomain.com/ads.txt
Jadi pastikan cek agar bisa tampil semua. INGET!!! CEK SETELAH 1x24 JAM

Posting Komentar untuk "Fix! Mengatasi Notif Ads.txt Google Adsense Yang Bandel Tidak Mau Hilang"