Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Menit Langkah Mudah Cara Mengubah Margin Inchi ke CM Pada Office Word


CaraInter.net - Bagi anda yang baru pertama kali membeli laptop atau menginstall aplikasi Microsoft Word didalam PC, berapapun versinya baik 2007, 2010, 2013, maupun 2016, maka secara bawaan format satuan ukuran yang digunakan ini adalah inchi.

Bagi kita yang ada di Indonesia, satuan inchi ini memang tidak biasa atau jarang digunakan ya, dimana warga kita sudah akrab dengan penggunaan satuan sentimeter (CM) untuk mengukur panjang suatu benda.



Ukuran inchi yang secara bawaan ada didalam aplikasi Microsoft Word tentu akan membuat kesulitan pengguna khususnya di Indonesia saat ingin mengatur margin kertas, karena memang satuan ini tidak umum di negara kita. Untung saja untuk margin di Ms. Word ini bisa diganti satuannya untuk menyesuaikan kebiasaan di Indonesia.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahs artikel tentang cara mengubah margin ke cm Word 2016 kepada anda semua. Dengan merubah satuan ukuran dari inchi ke Cm ini maka akan mempermudah kegiatan kita. Seperti mengatur ukuran margin pada halaman, membuat makalah atau dokumen hingga membuat ukuran halaman untuk skripsi.

Untuk melakukan perubahan ini sebenarnya sangat mudah, namun bagi mereka yang belum familiar dengan aplikasi Microsoft Word pastinya akan cukup kebingungan untuk melakukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan untuk melakukan settingan ini pengaturannya tersembunyi, sehingga akan membuat seseorang bingung nantinya.

Terlebih didalam Microsoft Word ini juga terdapat banyak sekali fitur dengan fungsi yang berbeda-beda, membuat banyak orang bingung untuk mencarinya. Nah bagi anda yang sudah penasaran dengan caranya tersebut, mari kita langsung saja mulai cara mengatur margin ke Cm di Microsoft Word 2016 berikut ini.

Cara Mengubah Margin ke Cm Word 2016

Untuk langkah-langkah atau cara mengubah format ukuran margin didalam aplikasi Microsoft Word 2016 ini sangat mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan anda buka terlebih dahulu dokumen Microsoft Word yang ada didalam PC anda
  • Selanjutnya bagi anda yang menggunakan aplikasi Microsoft Word 2007, maka silahkan tekan tombol ALT+F, setelah itu silahkan tekan tombol I pada keryboard anda untuk memunculka dialog Word Options
  • Sementara bagi anda yang menggunakan aplikasi Ms. Word 2010, 2013, dan 2016, untuk memunculkan dialog Word Options, caranya ialah dengan menggunakan tombol ALT+F, setelah itu silahkan tekan tombol T. Atau cara lainnya bisa dengan klik menu File > Options
  • Setelah muncul dialog Word Options, maka langkah selanjutnya ialah mengganti format inchi yang ada didalam word tadi ke Cm. Caranya silahkan anda pilih menu Advanced yang letaknya berada dibagian kiri
  • Setelah itu silahkan anda scrool kebawah pada menu bagian kanan untuk mencari menu Display
  • Setelah itu pada bagian menu ‘show measurement in unit of:’ silahkan anda ganti keterangannya menjadi Centimeter
  • Jika sudah, silahkan klik OK untuk menyelesaikan pengaturan yang anda buat tadi
  • Selesai

Nah dengan mengubah format ukuran inchi ke centimeters diatas tadi, maka pengaturan di aplikasi Microsoft Word anda ini untuk hal-hal yang berkaitan dengan satuan pengukuran margin halaman baik untuk kebutuhan skripsi, makalah maupun dokumen lainnya maka secara default bakal menggunakan satuan centimeters, tentu dengan begini bakal memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan karena kebanyakan warga di Indonesia memanfaatkan satuan Cm dalam acuan pengukuran.

Cukup sekian dulu ulasan tentang cara mengubah margin ke cm Word 2016 yang bisa kami bagikan kali ini, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda nantinya. Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "1 Menit Langkah Mudah Cara Mengubah Margin Inchi ke CM Pada Office Word"