Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi dan Penyebab Komputer Tidak Bisa Nyala

CaraInter.net - Komputer menjadi alat elektronik yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya anda yang bekerja di perkantoran. Dimana komputer ini digunakan untuk mengetik semua pekerjaan atau menyimpan berkas penting dalam bentuk didalamnya.

Jika sampai terjadi masalah pada komputer, jelas ini menjadi kabar buruk bagi kita semua ya, terlebih jika didalam komputer itu terdapat file yang sangat penting dan dibutuhkan. Nah tenang saja, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi kepada anda tentang cara mengatasi komputer tidak bisa nyala.

Untuk cara yang kita bagikan kali ini sangat mudah dan bisa anda lakukan secara manual nanti. Yang pasti cara yang kita bagikan ini merupakan pertolongan pertama ya sebelum anda membawanya ke tukang servis, karena biasanya penyebab komputer tidak menyala ini adalah hal sepele dan masih bisa anda atasi sendiri nantinya. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung simak caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Penyebab Komputer Tidak Bisa Nyala

Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala Saat Tombol Power Pada Casing Ditekan

Ada beberapa kemungkinan atau kondisi yang menjadi penyebab kenapa komputer anda tidak bisa menyala. Maka dari itu, diperlukan untuk melakukan pemeriksaan mengenai penyebabnya, setelah itu baru kita memperbaikinya.

Periksa Aliran Listrik Yang Menuju Komputer

Penyebab pertama kenapa komputer anda tidak mau hidup adalah aliran listriknya. Maka dari itu, pastikan jika kabel power dari komputer sudah tersambung dengan sumber listrik, karena jika kabel power belum tersambung maka PC anda pun tidak akan bisa nyala nanti.

Pastikan Sumber Listrik Tidak Padam

Selanjutnya pastikan jika sumber listrik yang ada ditempat anda dalam kondisi hidup atau tidak padam. Hal yang seringkali diabaikan dan tidak terpikirkan sebelumnya adalah mereka tidak mengetahui jika kondisi listrik padam. Meskipun poin pertama dan kedua ini terlihat sepele, akan tetapi justru hal ini bisa jadi sumber utama kenapa computer ditempat anda tidak bisa menyala, karena memang komputer membutuhkan sumber listrik agar bisa nyala dan digunakan.

Tombol Power Pada Casing

Yang paling tidak disangka-sangka tidak menyalanya komputer adalah tombol power pada casing. Yaa, ini sering kali terjadi, karena tidak begitu baik itu tombol, akhirnya digunakan beberapa kali sudah melemah dan tidak berfungsi dengan baik, akhirnya tidak bisa meng-on kan power supplya. Nah, coba periksa apakah tombol power pada casing komputer berjalan lancar apa tidak. Untuk lebih memastikan, bisa dengan membuka casing komputer, dan mencabut kabel power pada mainboard, kemudian menghubungkan sendiri dengan obeng atau alat lain yang bisa menghantarkan arus listrik.

Suhu Prosesor Terlalu Panas / Overclock

Jika komputer atau PC yang anda gunakan tiba-tiba mati sendiri, maka kemungkinan yang menjadi penyebab masalahnya ada pada prosesor. Hal ini bisa terjadi lantaran kondisi suhu prosesor yang terlalu panas, dan hal ini sudah biasa terjadi. Untuk bisa menggunakannya kembali, tunggu hingga prosesor dingin atau dalam suhu normal. Untuk mengatasi hal ini, maka silahkan bersihkan debu di motherboard, kipas prosesor, atau dengan mengganti pasta prosesor agar suhunya tetap normal.

Pastikan Power Supply Dalam Kondisi Baik dan Bisa Menyala

Cara mengatasi komputer tidak bisa nyala selanjutnya adalah memastikan kondisi power supply dalam kondisi baik. Jika kondisi Power Supply anda bermasalah atau rusak, maka aliran listrik kedalam komputer pun bakal mengalami masalah dan tidak akan bisa menyala. Untuk mengeceknya paling gampang adalah memeriksa kipas power supply, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Pastikan Hardisk Dalam Kondisi Baik

Namun jika komputer yang anda miliki ini bisa menyala, monitor menyala, namun gagal booting dan hanya terdengar bunyi ‘beep’ berulang-upang, maka hal ini bisa jadi pertanda jika ada beberapa komponen yang salah dalam pemasangannya. Kemungkinan besar itu adalah VGA Card yang salah pasang, selain itu periksa juga apakah kabel sambungan ke hardisk sudah terpasang dengan benar apa tidak.

Periksa Monitor dan Memori RAM

Jika komputer yang adan miliki tidak menampilkan gambar di monitor, maka ada dua penyebab hal ini bisa terjadi. Yang pertama karena memang monitor rusak, dan kemungkinan kedua adalah pemasangan RAM di Motherboard yang bermasalah. Apabila RAM ini tidak terpasang dengan benar di motherboard, maka hal ini wajar terjadi. Pastikan pada saat anda memasang ada bunyi ‘klik’ untuk memastikan RAM terpasang dengan pas. Selan itu, pastikan kondisi RAM bersih dari debu, yang biasanya juga menjadi komputer error.

Mainboard Bermasalah

Jika tetap tidak mau nyala, coba periksa mainboard komputer sobat. Bisa saja tidak bisa nyala disebabkan karena ada komponen mainboar yang melepuh atau gosong karena kepasanan. Kerusakan pada mainboard ditandai dengan power supply bisa menyala, dan lampu indikator menyala, tapi komputer tidak bisa nyala. Maka bisa dipastikan adalah mainboard. Terlepas dari itu, sudah dicek sebelumnya memori RAM, Prosessor, dan Hardisk dalam kondisi baik yaa.

Pastikan Kabel AC Dalam Kondisi Baik

Satu lagi hal sepele yang jarang diperhatikan adalah kabel AC listrik yang masuk ke power supply. Cobalah untuk mengganti atau memastikan jika kabel tidak pada kondisi rusak. Karena biasanya yang sering terjadi adalah pada kabel ini. Memang pada tampilan luarnya masih terlihat bagus, tidak ada cacat, tapi belum tentu pada serabut kabelnya.

Nah itu sedikit informasi tentang cara mengatasi komputer tidak bisa nyala yang bisa kami bagikan untuk anda semua. Semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa membantu masalah anda nanti. Intinya lihat dahulu indikator pada komputer. Jika indikator tidak nyala, berarti ada masalah pada arus listrik. Namun jika nyala tapi komputer tidak mau nyala, berarti permasalahan ada pada komponen hardware komputer itu sendiri.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengatasi dan Penyebab Komputer Tidak Bisa Nyala"