Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Autosave di Ms. Office Word, Excel, Power Point

Microsoft Word adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Microsoft yang masuk dalam paket Office. Dimana aplikasi ini biasanya menjadi satu dengan aplikasi lain seperti Microsoft Excel, Power Point, yang menjadi teman setia bagi mereka pekerja kantoran.

Setiap layanan office ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, dimana Microsoft Word ini digunakan untuk menuliskan dokumen untuk laporan maupun makalah. Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin membahas tips trik mengenai cara mengaktifkan autosave di Word pada anda semua.


Fitur autosave ini sebenarnya sama saja dengan fitur Save, hanya saja fungsinya tak kalah penting yakni memastikan file pekerjaan anda tidak hilang. Biasanya fitur autosave ini sangat menolong anda disaat terjadi sebuah masalah yang tidak terduga, seperti laptop mati karena baterai habis, atau PC mati karena listrik padam.

Jelas jika sampai hal ini terjadi, dan anda sedang mengerjakan dokumen menggunakan Microsoft Word namun lupa belum menyimpannya. Maka fitur autosave ini bakal menjadi penyelamat karena anda tidak perlu mengerjakan tugas tersebut dari awal lagi, lantaran dokumen tersebut saat dibuka kembali akan membuka pada tugas akhir yang anda kerjakan tadi.

Cara Mengaktifkan Autosave Pada Ms. Office Word, Excel, Power Point


Didalam aplikasi Microsoft Word memang disediakan yang namanya fitur autosave didalam layanannya. Hal ini memang sangat berguna ya, apalagi pada saat genting karena bisa menyelamatkan data penting kalian apabila ada hal yang tidak di inginkan terjadi.

Namun untuk menikmati layanan ini biasanya sistem didalam Microsoft Word sudah secara otomatis aktif, namun jika masih belum maka anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar fitur tersebut bisa digunakan nanti. Nah untuk caranya anda bisa menyimaknya dibawah ini;


  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Word yang ada didalam PC anda. Dalam praktek kali ini kita menggunakan aplikasi Microsoft Word 2013 ya guys.
  • Setelah aplikasi ini terbuka, langkah selanjutnya silahkan anda klik menu File yang ada dibagian pojok kiri atas
  • Setelah anda masuk kedalam menu Start Screen Word, maka silahkan pilih menu Option yang ada disebelah kiri bawah
  • Selanjutnya silahkan klik menu Save untuk mencari pangaturannya
  • Didalam menu ini nantinya anda akan melihat sejumlah pengaturan yang ada didalam kolom sebelah kanan. Untuk mengatur fitur autosave di Microsoft Word, maka silahkan berikan tanda centang pada bagian menu Save AutoRecover Information every, setelah itu silahkan isi dengan angka berapa menit anda ingin melakukan auto save tersebut
  • Setelah itu silahkan anda atur sekalian dimana letak penyimpanan file autosave tadi, agar nantinya lebih mudah untuk mencari file tersebut
  • Setelah menentukannya, silahkan tekan OK untuk menyelesaikan pengaturan.

Gimana? gampang banget bukan cara mengaktifkan autosave di Word yang kita bagikan kali ini? Namun ingat ya, dalam praktek yang kita lakukan diatas tadi kita menggunakan aplikasi Microsoft Word versi 2013, bisa jadi nantinya jika anda menggunakan versi berbeda pengaturannya berbeda.

Namun perbedaan yang ada kemungkinan tidak jauh kok, karena kebanyakan memang Microsoft tidak pernah melakukan perubahan total pada fitur didalamnya, kemungkinan hanya tampilannya saja yang berubah. Untuk praktek di Ms. Excel ataupun Ms. Power Point sama yaa.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini tentang cara mengaktifkan autosave di Word, semoga apa yang kita bagikan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda semua nantinya. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini, agar nantinya juga bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Autosave di Ms. Office Word, Excel, Power Point"