Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Berikut Ini Yang Menjadikan Google Assistant Jauh Lebih Baik Dari Siri Milik Apple

7 Alasan Berikut Ini Yang Menjadikan Google Assistant Jauh Lebih Baik Dari Siri Milik Apple - Persaingan dalam hal teknologi memang semakin hari semakin berkembang. Mengembangkan inovasi baru menjadi sebuah tuntutan wajib yang harus dilakukan jika tidak ingin kalah saing dengan yang lainnya. Sebelumnya, fitur assistant yang diaplikasikan dalam smartphone lebih dahulu diusung oleh smartphone milik Apple dengan fitur assistant bernama Siri. Namun, kini sudah ada pesaing terbaiknya yang lebih baik dan lebih akurat dalam memberikan informasi yaitu Google Assistant.
Google Assistant

Ya, perusahaan raksasa teknologi tersebut telah mengembangkan inovasi baru dalam assistant yaitu Google Assistant. Dalam Google Assistant telah ditanamkan AI atau kecerdasan buatan yang sangat baik, terlebih lagi informasi-informasi yang didapatkan Google Assistant diambil langsung dari Google yang menjadi pemiliknya atau induknya. Berbeda dengan Siri yang informasinya masih dicarikan di mesin lain.

Apakah hal tersebut benar ? Apakah Google Assistant jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Siri ? Untuk mengetahui semua itu, simak uraian berikut ini yang membuat Google Assitant lebih baik dari Siri.

1.Pemahaman bahasa Inggris Google Assistant lebih baik ketimbang Siri


Ketika kita mengobrol dengan smartphone, tentu akan sangat membosankan jika kata yang kita ucapkan atau perintahkan harus diulang-ulang. Hal ini sering kali terjadi ketika kita menggunakan aplikasi asisten, karena dia tidak memahami apa yang kita katakana ketika menyuruhnya. Nah, kejadian seperti ini dicoba diminimalisir oleh Google Assistant. Malahan, Google Assistant diklaim dapat memahami kata atau perintah yang kita ucapkan meski dalam tengah kalimat itu diubah-ubah.

Sementara pada Siri, seringkali dijumpai kesalahan dalam memahami beberapa kata yang diucapkan dalam bahasa Inggris, terlebih lagi jika kita sering menggunakan aksen, tentu Siri akan sangat sulit memahaminya. Memang, jika kita menggunakan bahasa Indonesia untuk memerintah aplikasi asistan, tentu akan menurunkan performanya.

Google Assistant sendiri sudah merilis versi bahasa Hindi, dan untuk bahasa Indonesia, ada aplikasi bernama Google Now yang hingga kini masih menjadi andalan perangkat Android. Google Now ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan Google Assistant, dan bisa diperintahkan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

2.Google Asisstant bisa memberikan jawaban yang baik ketimbang Siri


Dalam pencarian di internet, tentu tidak ada yang bisa mengalahkan search engine Google. Oleh sebab itu, Google Assistant yang merupakan milik Google tentunya menjadi pilihan yang terbaik. Perbedaannya hanya pada perintah, jika mesin Google menggunakan kata, maka untuk Google Assistant ini hanya menggunakan suara.

Seperti halnya Google, Google Assistant juga mengerti tentang 70 Miliar fakta mengenai hal apapun, dan tiap waktunya Google Assistant ini akan terus belajar lebih baik.

Jika dibandingkan dengan Siri, tentu jauh lebih tinggi. Sebagai pembanding, misal diperintahkan kata “berapa umur Taj Mahal”, Google Assistant akan memberikan jawaban yang terbaik. Sementara Siri hanya menunjukkan peta lokasi yang diambil dari aplikasi Foursquare.

3.Google Assistant dapat mencai video You Tube dengan baik jika dibandingkan dengan Siri


Google Assistant memang dapat mencari video di You Tube lebih baik jika dibandingkan dengan Siri milik Apple. Karena apa, You Tube adalah milik Google dan pastinya algoritma yang ada di You Tube sedikit-sedikit disuntikkan pada Google Assistant. Dengan begitu, Google Assistant bisa lebih peka terhadap video apa yang lagi ngetrend di YouTube.

4.Google Assistant mampu mencari event terdekat yang paling seru


Untuk menghilangkan kejenuhan, menghadiri event-event terdekat adalah menjadi pilihan. Namun, terkadang kita malas untuk mencari informasi event-event terdekat yang sedang berlangsung saat itu. Nah, hal inilah yang akan diaplikasikan pada Google Assistant.

Google Assistant akan mampu memberikan daftar konser, pameran ataupun event-evnet lainnya dengan detail berdasarkan waktu dan lokasi di dekat sekitar Anda.

Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Siri. Siri hanya mampu memberikan artikel terkait event-evnet terdekat yang sedang berlangsung, dan kita harus melihatnya secara satu per satu, terlebih lagi artikel yang dihadirkan Siri diambil dari Bing.

5.Google Assistant bisa diperintahkan untuk membuka kamera selfie dengan baik


Ketika kita hendak memerintahkan Google Assistant untuk mengambil gambar selfie atau foto kamera depan, maka Google Assistant secara langsung akan membuka aplikasi kamera depan dan memulai timer 3 detik, kemudian mengambil gambar selfie.

Berbeda dengan Siri, ketika Siri diperintahkan untuk mengambil gambar selfie, maka Siri hanya akan membukakan aplikasi kamera depan saja tidak bisa mengambil foto secara otomatis.

6.Google Assistant mampu menerjemahkan bahasa dengan baik


Seperti yang kita ketahui, Google Translate adalah salah satu penerjemah yang sangat baik, dan ini diterapkan dalam Google Assistant. Google Assistant mampu menerjemahkan kata yang kita ucapkan dengan baik.

Jika ingin menerjemahkan, cukup berkata “translate___ in (bahasa apa yang ingin kita terjemahkan). Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil terjemahan yang sangat baik.

Hal ini tidak bisa dilakukan di Siri, Siri tidak bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa yang lain, ataupun sebaliknya.

7.Google Assistant mampu mencari info terkait dengan apa yang sedang tampil di layar


Fitur yang satu ini benar-benar asli milik Google, pada Google Now yang ada di Android Marshmallow mampu mencari informasi terkait, gambar, aplikasi, video dan apapun yang sedang tampil di layar smartphone. Fitur ini hanya dimiliki oleh Google Assitant, dan untuk Siri tidak memilikinya.

Demikianlah, kenapa Google Assistant lebih baik dari Siri. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita. Jika informasi ini baik menurut Anda, share ke teman yang lain. Terimakasih.

Sumber : merdeka.com
Baca Juga : Google Assistant sekarang ada di aplikasi Google Duo

Posting Komentar untuk "7 Alasan Berikut Ini Yang Menjadikan Google Assistant Jauh Lebih Baik Dari Siri Milik Apple"