Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Footnote Paling Simple di Word

Cara Membuat Footnote Paling Simple di Word – Footnote atau biasa lebih dikenal dengan catatan kaki adalah suatu catatan yang berada pada bagian akhir atau bawah halaman yang bertujuan untuk menyatakan sumber tulisan yang dikutip. Baik itu dalam berupa pendapat, pernyataan, ikhtisar, atau yang lain. Footnote biasanya digunakan pada karya-karya ilmiah ataupun non-ilmiah. Seperti, makalah, tesis, skripsi dan lain sebagainya.

Footnote ini sangat penting adanya. Karena untuk mengetahui kevalid-an kutipan yang dikutip oleh si penulis. Dalam penulisan footnote, ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan. Tidak sembarangan dan ngawur. Biasanya, setiap lembaga atau instansi kampus (jika dalam penyusunan skripsi) pasti diberikan buku pedoman karya tulis. Nah, didalam buku pedoman tersebut biasanya sudah cantumkan tata cara penulisan footnote yang benar.

Permasalahannya sekarang adalah, bagaimana cara membuat footnote di word ? Nah, pada ulasan kali inilah carainter.net akan berbagi tips cara membuat footnote paling mudah di Ms. Office Word. Baik, langsung saja berikut cara membuat footnote catatan kaki di word.

Cara Membuat Footnote di Ms. Office Word


cara membuat footnote

Ternyata begitu mudah cara membuat footnote di word. Lihat pada gambar di atas. Pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk pada menu “References” setelah itu letakkan kursor pada akhir paragraf yang akan diberi nomor footnote (akhir kutipan yang akan diberi footnote). Selanjutnya, sobat klik saja “Insert Footnote”. Maka nomor catatan kaki akan terbuat dan diakhir halaman juga akan disediakan tempat sobat menuliskan sumber yang sesuai. Nomor footnote akan melanjutkan nomor sebelumnya.

Untuk lebih gampangnya, sobat bisa menggunakan shortcut. Bagi yang belum tahu shortcut. Shortcut adalah jalan pintas. Suatu perintah kombinasi antara beberapa tombol keybord yang bisa mempercepat pekerjaan. Untuk shortcut cara membuat footnote ini adalah Ctrl + Alt + F. Maka footnote akan terbuat dengan otomatis.

Nah, demikian cara membuat footnote paling simple di word. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa mempermudah sobat untuk membuat footnote catatan kaki di makalah, skripsi, tesis sobat. Terimakasih.

Biasanya dalam penyusunan skripsi, tesis, dan sebagainya pasti juga ada page number, bullet and numbering, dan nomor halaman. Nah, untuk mempermudah sobat dalam pembuatan tersebut berikut kami berikan cara mudahnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Footnote Paling Simple di Word "