[UPDATE] Cara Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Baik dan Benar

Cara InternetMenambah kapasita RAM Android memang perlu dilakukan. Pasalnya, salah satu factor yang membuat kinerja semakin sempurna adalah hadirnya kapasitas RAM yang besar. Semakin besar kapasitas memori RAM yang dibawa, semakin maksimal kinerja sebuah smartphone tersebut.
Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Cara menambah RAM pada Android dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi. Banyak sekali aplikasi untuk menambah RAM Android salah satunya Swapper For Root. Cara menaikan RAM Android juga tidak terlalu sulit, tanpa harus datang ke service center Anda dapat malakukannya.
Meski demikian, menambah RAM pada Android harus Anda lakukan secara hati-hati, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk cara memperbesas RAM pada Android dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut :

Cara Menambah Kapasitas RAM Android


Langkah Pertama

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menginstall aplikasi yang bernama “Swapper For Root”. Menginstal aplikasi ini tidak harus membutuhkan bantuan SD card, Anda dapat menggunakan memory eksternal untuk menyimpan Swap File. Untuk cara penginstalannya, simak ulasan berikut ini.
  • Syarat pertama untuk menginstal aplikasi ini adalah Android sudah diroot.
  • Selanjutnya download aplikasi Swapper For Root.
  • Setelah berhasil mendownload, instal aplikasi tersebut.
  • Langkah selanjutnya aktifka “Swap On Boot” pada kolom yang tersedia.
  • Pilih “SD card FAT Partition” pada “Swap File Partition”
  • Kemudian isi value dengan kapasitas RAM yang diinginkan (Dalam pengisian kapasitas RAM ini jangan terlalu besar, sesuaikan dengan kebutuhan sistem. Karena jika terlalu besar dan sistem tidak mendukung malah akan membuat smartphone lag. Selain itu besar kapasitas Swap RAM bergantung pada besar kapasitas Free Speace Memory eksternal android

Langkah Kedua

Setelah berhasil menginstal aplikasi “Swapper For Root” , aplikasi pendukung yang kedua adalah “SD-Booster”. Aplikasi akan berfungsi untu menaikan tampilan khususnya kecepatan SD card dalam membaca file data read maupun write. Untuk cara penginstalannya, berikut ini.
  • Download dan isntal aplikasi SD booster pada smartphone android anda yang sudah diroot
  • Jalankan aplikasi tersebut dan Isi Cache dengan ukuran (size) antara 1 hingga 8192 . (Disarankan isi dengan rentang 1024 hingga 2048 )
  • Langkah yang terakhir Ttkan gambar centang hijau.

Langkah Ketiga

Apliksai pendukung yang terakhir adalah “Juwe RAM script”. Aplikasi pendukung yang satu ini berfungsi untuk pengatur RAM terbaik pada android. Dengan menginstal aplikasi ini kinerja sistem akan lebih cepat dan optimal. Sehingga kemungkinan terjadi lag sangat kecil sekali. Untuk cara install aplikasinya sebagai berikut :
  • Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, pasikan smartphone Android dalam keadaan mode root
  • Lakukan penginstalan aplikasi CWM Recorvery terlebih dahulu.
  • Selanjutnya download aplikasi Juwe RAM Script.
  • Jika proses download sudah selesai, masukkan SD Card dalam smartphone.
  • Kemudian, buka aplikasi CWM Recovery yang sudah terinstal tadi dan pilih install ZIP dari SD Card.
  • Lalu cari ke aplikasi Juwe RAM Script yang tadi anda gunakan.
  • Yang terakhir lakukan penginstallan.
source : eraponsel


UPDATE : Menambah RAM Android dengan Smart Booster Tanpa Perlu Root

Aplikasi Smart Booster juga dapat berfungsi untuk menambah dan memaksimalkan kinerja RAM. Selain itu juga dapat menghentikan kinerja-kinerja yang berjalan di backgroud sistem dimana ini juga yang mengkonsumsi RAM. Baik, berikut cara manambah dan memaksimalkan memori RAM Android.
  • Pertama, donwload dan pasang aplikasi Smart Booster – Free Cleaner di smartphone Android. Sobat bisa mendapatkannya dengan gratis di Play Store
  • Jika aplikasi sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah mulai proses pelepasan memori RAM dengan tap Start Now (icon roket)

Sampai disini sebenarnya sudah bisa menambah kinerja memori RAM. Artinya memori RAM sudah terlepaskan dan sudah bekerja dengan kencang. Namun, jika sobat ingin meningkatkan lagi dengan menambah lebih banyak RAM, maka bisa melakukan beberapa settingan berikut

  • Masuk pada menu setting, kemudian pilih menu RAM Booster.
  • Kemudia pilih lagi menu Boost Level, maka akan tampil 4 opsi boost level yaitu Aggressive, strong, medium, dan gentle. Sobat pilih saja Aggressive.

Untuk lebih memaksimalkan pelepasan memori RAM lagi, masih pada menu RAM Booster, checklist opsi Boost When Screen Off. Lalu pada pilihan Delay to Boost When Screen Off rubahlah menjadi Immedlately.


TAMBAHAN

Cara pelepasan RAM dengan menekan Start Now (icon roket) seperti diterangkan di atas adalah cara manual. Jadi, hanya akan bekerja jika sobat memulai atau menekan opsi tersebut. Nah, agar Smart Booster ini bisa bekerja terus menerus melepaskan RAM, maka sobat perlu melakukan settingan berikut.

  • Masuk pada menu RAM Booster, kemudian checklist pada opsi Boost Automatically. 
  • Setelah itu ubah RAM Threshold (MB) menjadi 100 MB dan atur juga Boost Interval menjadi lima menit atau sesuai yang sobat inginkan.

Dengan settingan ini maka sobat tidak ikan repot-repot lagi untuk melakukan boost manual.

Source : liputan6.com


Perlu Anda Ketahui : 


Root Android

Dari bahasan diatas, selalu ada kata-kata yang berkaitan dengan root Android. Sebenarnya apa itu root Android ? Kenapa harus di root ? Penting ! jangan sampai salah konsep. Karena jika salah bisa-bisa HP kamu tidak bisa diselamatkan. Untuk itu pelajaran betul apa itu root Android. Bisa membaca Root Android, Ketahui Fungsi Root Android Yang Sebenarnya.

Cara Root Android Tanpa PC

Memang, sebagaian orang pasti sudah faham cara root Android. Terutama yang sering berkecinampung dalam oprek Android. Apalagi root Android bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Jadi tidak perlu lagi dengan PC. Ingin tahu caranya ? Simak Cara Root Android Mudah Tanpa PC

10 Aplikasi Root HP Android Terbaik

Jika tidak ingin susah-susah dalam root Android. Bisa menggunakan bantuan aplikasi root Android. Namun, yang jadi pertanyaan adalah aplikasi root Android apa yang bagus ? Bisa baca 10 Aplikasi Root HP Android Terbaik Saat Ini

NB : Carainter.net hanya berbagi informasi yang diambil dari berbagai sumber. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "[UPDATE] Cara Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Baik dan Benar"

Note: Only a member of this blog may post a comment.