Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP] Tips, Trik, Cara Menggunakan Google Allo dan Berbagai Fitur Menarik Yang di Tawarkan

Cara Menggunakan Google Allo dan Berbagai Fitur Menarik Yang di Tawarkan - Google, Perusahaan teknologi raksasa yang bermarkas di Mountain View ini baru saja meluncurkan sebuah aplikasi chatting baru pesaing WhatsApp dan Facebook Massenger. Aplikasi ini diperkenalkan bulan Mei lalu di ajang Google I/O, dan kini aplikasi yang bernama Google Allo ini resmi dirilis. Sejak tanggal resmi perilisannya hingga sekarang (04/10/2016) total unduhan sudah mencapai 5 juta pengguna. Ini menandakan jika aplikasi Google Allo ini digemari dan diminati banyak masyarakat dan siap-siap bakal menggeser aplikasi Chatting lainnya. Apa itu Google Allo ?

Google Allo
images : designandrak.com

Sebenarnya Google tidak hanya merilis aplikasi chatting saja, melainkan juga merilis aplikasi video call yang bernama Google Duo. Waktu perilisan Google Duo ini berselang tepat satu bulan sebelum Google Allo rilis. Aplikasi video call Google Duo ini tak kalah saing dengan aplikasi video call lainnya. Terdapat banyak fitur yang disediakan, dan Anda bisa menikmati semua itu secara gratis dengan cara download aplikasi Google Duo di Play Store atau App Store untuk iOS. Selengkapnya tentang Google Duo




Fitur-fitur Menarik Google Allo


Fitur menarik Google Allo
images : arenalte.com

Seperti yang dilansir dari laman resmi Google, aplikasi chatting Google Allo ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang menarik, masih jarang ditemui di aplikasi chatting lainnya. Seperti :

1.Sticker yang lucu dan menarik


Aplikasi chatting Google Allo juga menghadirkan kirim pesan berbentuk sticker. Ya, sama halnya dengan aplikasi chatting lainnya. Ada beberapa sticker yang sudah disediakan di dalamnya, dan semua terbilang unik dan lucu. Anda bisa menambahkan beberapa sticker menarik lainnya dengan cara download terlebih dahulu dan memasangnya pada aplikasi Google Allo ini. Cara mengirim pesan menggunakan sticker ini cukup mudah, kamu tinggal mengklik atau tap tombol plus (+) yang terletak pada sisi kiri, maka beberapa pilihan sticker akan muncul. Nah, untuk mengirimnya tinggal tap sticker tersebut.

2.Foto yang dapat dicoret-coret dengan pensil


Selain ada fitur kirim Sticker, di Google Allo juga ada fitur kirim foto. Foto yang hendak ingin kamu kirimkan bisa diambil dulu secara langsung, atau dapat juga dengan masuk galeri foto. Yang menarik dari kirim foto ini adalah, foto dapat di coret-coret atau diberi kata-kata terlebih dahulu sebelum dikirim, yaitu menggunakan layanan pena. Warna yang disediakan dalam fitur pena ini ada tujuh warna dan jenis gaya overlay yang berbeda.

3.Incognito Chat (Obrolan yang disamarkan)


Fitur yang tak kalah menarik lainnya adalah Incognito Chat, yaitu sebuah fitur obrolan yang dapat disamarkan. Fitur Incognito Chat ini memiliki banyak fungsi yang canggih, yaitu dapatnya menyamarkan profil pengguna, dapat juga mengirim pesan terenkripsi secara end-to-end, dan mampu menghilangkan pesan dengan sendirinya.

Untuk bisa menggunakan fitur Incognito Chat sangatlah mudah, yaitu pertama buatlah pesan baru yang aktifkan pilihan Start Incognito Chat. Waktu default yang ditentukan Google Allo adalah satu jam, namun kamu masih bisa mengaturnya sesuai dengan waktu yang kamu inginkan. Sementara untuk dapat hilangnya pesan secara otomatis, kamu juga haru menyetting waktu terlebih dahulu, yaitu antara 5 detik hingga 1 minggu.

4.Smart Replay


Fitur menarik lainnya yang ada di Google Allo adalah Smart Replay. Fitur ini membantu kamu ketika sedang malas mengetik. Semua gaya tulisan yang pernah kamu gunakan akan tersimpan dalam apliakasi chatting ini. Dengan begitu, ketika kamu sedang sibuk dan tidak sempat untuk mengetik kata yang panjang, fitur smart replay akan muncul dan memperkirakan kata yang akan kamu ketikkan.

5.Shisper dan Shout


Fitur Google Allo yang satu ini dapat menyampaikan pesan emosi yang sedang kamu alami saat itu. Caranya yaitu dengan merubah ukuran teks, jika ukuran teks besar maka menandakan jika kamu sedang berteriak-teriak atau bernada keras (whisper), jika kecil maka kamu sedang berbisik-bisik (shout).

6.Google Assistant


Fitur Google Allo yang terakhir dan paling menarik dari fitur-fitur lainnya adalah Google Assistant. Kehadiran fitur Google Assistant ini membuat aplikasi Google Allo diminati banyak public, dan menjadikan nilai aplikasi ini lebih tinggi dari aplikasi chatting lainnya. Google Assistant adalah sebuah fitur yang memberikan layanan informasi kepada setiap penggunanya. Misalkan seperti kamu sedang kebingungan mencari tempat penginapan atau hotel, maka secara otomatis Google Assistant akan memberikan informasi mengenai hotel yang sesuai keinginan kamu, seperti lokasi, foto, harga dan sebagainya.
Cari Tahu : 7 Alasan Berikut Ini Yang Menjadikan Google Assistant Jauh Lebih Baik Dari Siri Milik Apple
Selain itu, dengan Google Assistant ini kamu juga bisa melihat daftar e-mail yang masuk pada tanggal tertentu, melihat-lihat agenda yang sudah kamu buat dikalender, dan semua hal-hal yang terekam dalam akun Google kamu. Semua informasi akan kamu dapatkan mudah dengan Google Assistant yang ada di Google Allo ini.

Untuk menggunakan fitur Google Assistant di Google Allo ini cukuplah mudah, kamu tinggal mengetikkan perintah “@google” atau “Google”, maka secara otomatis fitur Google Assistant ini akan muncul di bagian atas. Untuk memasukkannya ke dalam obrolan cukup dengat tap, tahan, dan geser masuk ke dalam obrolan.


Cara Download dan Install Aplikasi Google Allo


cara download dan instal google allo
images : arenalte.com

Untuk bisa merasakan aplikasi chatting Google Allo dan menikmati fitur-fitur yang disediakan, kamu harus download Google Allo apk dan install terlebih dahulu di perangkat smartphone kamu. Bagi pengguna Android dapat download di Play Store dan iOS di App Store. Aplikasi ini tersedia gratis, kamu dapat memasangnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Untuk caranya, berikut :

1. Buka aplikasi Play Store di smartphone Android kamu

2. Selanjutnya, masukkan kata kunci Google Allo di kotak pencarian, nantinya akan muncul Aplikasi Google Allo. (untuk memastikan jika itu benar-benar Google Allo buatan Google, pastikan developernya adalah Google)

3. Selanjutnya, klik “download” atau “pasang”.

4. Tunggu hingga proses download selesai.


Cara Menggunakan Aplikasi Google Allo


cara menggunakan google allo
images : klimg.com

Aplikasi Google Allo ini tidak seperti Google Hangout dan aplikasi Google lainnya yang terintegrasi dengan dengan akun Google. Google Allo ini menggunakan nomor telephone sebagai ID pengguna (mirip seperti WhatsApp). Jadi, kamu tidak perlu repot-repot login atau membuat akun Google terlebih dahulu. Nah, untuk cara menggunakan aplikasi Google Allo, berikut ini caranya

1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Google Allo di smartphone Android kamu

2. Untuk pertama kali menjalankan Google Allo ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang kamu gunakan. (Sebaiknya kamu masukkan nomor telepon yang sudah banyak diketahui orang, karena dengan begitu kamu akan memiliki banyak kontak, atau teman yang kamu chat tidak akan lagi menanyakan “siapa ini”)

3. Selanjutnya, Google Allo akan mengirimkan kode verifikasi ke nomer yang kamu masukkan tadi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kotak yang sudah disediakan Google Allo.

4. Langkah selanjutnya yaitu, memilih gambar atau foto profil. Pada bagian ini kamu bisa mengambil gambar kamu secara langsung dengan kamera, atau bisa juga mengambil foto yang sudah ada digaleri foto ponsel. Namun, jika kamu menghendeki tidak ingin pasang foto profil, maka kamu dapat memilih “skip”. Karena nantinya juga dapat ditambahkan diakhir-akhir.

5. Selasai, Google Allo sudah berjalan pada smartphone Android kamu


Cara Memulai Chatting Menggunakan Google Allo


cara mulai chat dengan google allo
images : pcadvisor.co.uk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google Allo ini tidak bekerja dengan akun Google, melainkan dengan nomor telephone. Jadi untuk untuk memulai chatting cukuplah mudah.

1. Pertama, klik/tap tombol action pesan (icon berbentuk pesan terletak di pojok kanan bawah)

2. Selanjutnya, masukkan nama kontak yang hendak ingin di chat, bisa langsung diketik atau kalau udah ada dalam kontak telepon cari dengan menggulir ke bawah hingga menemukan kontak yang diinginkan.

3. Tulis pesanmu dan kirimkan.

Ada dua pilihan chatting menggunakan Google Allo, yaitu satu incognito chat (privat chat) dan group chatt. Untuk memilih incognito chat, maka pilih “Start incognito chat” kemudian pilih kontak yang hendak ingin diajak private chat (end-to-end). Pada Incognito Chat, atur waktu durasi expire pesan dari chat incognito, mulai dari 5 detik hingga 1 minggu. Sementara untuk yang memilih group chat, pilih “Start group chat” kamudian masukkan kontak-kontak yang hendak ingin di ajak obrolan bersama.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Google Allo dan cara menggunakan aplikasi chatting Google Allo. Semoga cara di atas dapat bermanfaat dan membantu. Jika artikel ini baik menurutmu, share ke teman dan kerabat agar mereka juga menggunakan Google Allo. Dengan begitu, teman kontak dalam Google Allo akan semakin banyak.

Posting Komentar untuk "[LENGKAP] Tips, Trik, Cara Menggunakan Google Allo dan Berbagai Fitur Menarik Yang di Tawarkan"