Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Root

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Root – Dewasa ini kebutuhan internet semakin meningkat. Memang tiap orang beda memfungsikan internet itu sebagai apa. Entah untuk mencari informasi, berita, tutorial atau hanya untuk hiburan sosial media saja. Yang pasti, semua orang tiap harinya pasti berinteraksi dengan internet. Apalagi sekarang ini peredaran smartphone Android semakin pesat. Mulai banyak smartphone yang dijual kepasaran dengan harga terjangkau namun spesifikasi mumpuni. Dengan adanya smartphone ini, interaksi dengan internet menjadi semakin mudah. Bahkan adanya yang mengutarakan semboyan “The World in Your Hand”.

Namun, permasalah yang sering terjadi ketika berkoneksi dengan internet adalah lambatnya koneksi internet alias lemot. Jika sudah mengalami masalah seperti ini, bisa dipastikan kamu akan merasa jengkel, kesal, bisa-bisa smartphone kamu lempar karena emosi yang tinggi. Nah, dari permasalahan ini, kami carainter.net akan berbaki tips cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android. Kalau sobat menggunakan laptop/PC, cara ini bisa diatasi dengan cara yang benar mempercepat koneksi internet dengan CMD.


Sebelum melangkah pada tips mempercepat koneksi internet. Kita ulasa terlebih dahulu, apa saja yang mempengaruhi koneksi internet menjadi lambat. Dengan begitu sobat bisa dengan mudah mengatasi permasalah koneksi internet lambat. Ada beberapa sebab yang bisa menjadikan internet itu menjadi lambat. Ini sudah pernah kami ulas sebelumnya pada 15 penyebab koneksi internet menjadi lambat alias lemot.

Dengan mengetahui beberapa sebab di atas, kita bisa mengatasi permasalah koneksi internet lambat dengan cara mudah mempercepat koneksi internet berikut. Mungkin dengan cara berikut ini, kecepatan internet sobat bisa meningkat. Baiklah, berikut ulasan lengkapnya mengenai cara mudah mempercepat koneksi internet di Android.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android


Hapus aplikasi yang berjalan dilatar belakang

Cara pertama mempercepat koneksi internet adalah dengan menghapus aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Beberapa aplikasi yang ada di smartphone Android sobat, pastinya ada yang berjalan dilatar belakang. Maksudnya gimana ? Aplikasi tersebut secara otomatis berjalan sendiri, apalagi ketika terkoneksi dengan internet. Misal aplikasi yang berjalan dibackgroud ini adalah sistem sinkronisasi, update data lokasi, update data cuaca, dan masih banyak lagi. Aplikasi seperti ini biasanya akan memakan banyak akses internet, akhirnya koneksi menjadi lambat. Untuk itu sobat bisa menghapus atau memaksa berhenti aplikasi tersebut. Akan tetapi jika dirasa penting tidak usah, pilih aplikasi yang sekiranya kurang penting.

Gunakan web browser tercepat

Memilih web browser yang tepat juga menjadi rekomendasi untuk mempercepat koneksi interenet. Ada beberapa browser yang biasanya tidak support dengan perangkat sobat, akhirnya berjalan lambat. Permasalah seperti ini biasanya penanggapan pengguna adalah internetnya, padahal aplikasi browser tersebut. Langkah terbaik adalah memilih web browser terbaik. Ada 7 browser Android terbaik yang bisa sobat pilih, dan salah satu yang paling digunakan adalah Opera Mini. Karena aplikasi ini sangat ringan dan ketika digunakan untuk browsing, web page akan dikompresikan terlebih dahulu. Jadi akan lebih ringan dan cepat.

Gunakan paket internet terbaik dan kenali jaringan di daerah sobat

Seperti yang sudah kami singgung sedikit di atas, tidak semua kartu bisa support jaringan di area daerah sobat. Setiap perdana atau operator memiliki daerah-daerah tersendiri. Terkadang di daerah A cepat belum tentu di daerah B juga cepat. Ini tergantung dari seberapa luas dan kuat jaringan operator tersebut. Pastikan sobat memilih kartu sesuai jaringan yang lancar di daerah sobat. Kamu bisa melakukan beberapa kali percobaan dengan gonta-ganti kartu terlebih dahulu. Jika sudah menemukan yang pas, berarti itu bisa dijadikan patokan.

Pilih jaringan 4G (jika perangkat sudah support)

Teknologi 4G LTE sekarang ini sudah mulai meluas. Ini juga ditunjang banyaknya smartphone 4G yang sudah marak dipasaran. Jika smartphone sobat sudah mendukung teknologi 4G LTE, maka sobat bisa memilih paketan internet 4G. Bagaimana jika kartu GSM/CDMA belum support 4G ? Sobat bisa datang ke grapary terdekat, dan menukarkan kartu sobat dengan yang sudah 4G. Untuk nomornya ? Tenang, tidak akan berubah, nomor akan tetap sama. Bagaimana jika perangkat belum 4G ? Kami rekomendasikan berada pada jaringan 3G. Itu juga cukup cepat.

Penyebab utama adalah perangkat smartphone sobat

Jika semua cara di atas sudah sobat lakukan dan ternyata masih lemot juga, berarti kemungkinan besar ada pada perangkat smartphone sobat. Apakah bisa ? Bisa. Alasannya bisa smartphone sobat yang masih memiliki spesifikasi rendah, atau karena smartphone sobat kurang perawatan. Ada file-file sampah yang menumpuk yang harus di sebabkan, dan ini bisa memperburuk smartphone sobat. Permasalahan lambat ini biasanya tidak hanya untuk koneksi internet saja, namun juga ketika menjalan aplikasi. Jika sudah begitu, sobat bisa melakukan cara ampuh meningkatkan kinerja smartphone Android yang lelet agar smartphone kembali normal.

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang bisa diambil untuk mempercepat koneksi internet di smartphone Android. Semoga cara di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu. Oh ya, ada info menarik yang harus sobat ketahui, yaitu 7 aplikasi internet gratis semua operator. Dengan ini, sobat bisa internetan sepuasnya tanpa perlu mikir kuota lagi. Terimakasih untuk yang sudah Share. Yang belum ? Manggak !

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Root"