Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus

3 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus – Sistem operasi Android yang terpasang pada smartphone adalah ibarat sebuah rumah. Sementara isi-isi didalamnya adalah sebuah aplikasi-aplikasi yang sudah disediakan di Google Play Store. Kita bisa sesuka hati memasang dan mencopot aplikasi pada smartphone Android. Namun, pada kenyataanya tidak semua aplikasi yang sudah terpasang bisa dihapus. Entah ini karena aplikasi sudah corupt, terkena virus, atau ada kendala lain. Nah, untuk itu disini carainter.net akan berbagai tips menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus.

Sebelumnya harus sobat ketahui dulu. Aplikasi yang terpasang di smartphone Android ada dua tipe, satu aplikasi bawaan smartphone itu sendiri, dan satu lagi aplikasi yang baru ditambahkan setelah dibeli yang didownload dari play store.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Untuk menghapus aplikasi bawaan Android memang sedikit sulit. Bahkan ada yang menyarankan untuk melakukan root terlebih dahulu. Berikut kalau sobat mau coba Cara Root Android Mudah Lengkap Tanpa PC. Tapi mungkin cara ini bisa membantu sobat Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Sementara untuk menghapus aplikasi yang sobat install sendiri dan tidak bisa dihapus, maka tutorial inilah yang akan membahasnya. Ya, tutorial ini adalah cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus (aplikasi instalan sendiri, bukan bawaan Android).

Sebenarnya, tidak bisa dihapusnya sebuah aplikasi di smartphone Android hanyalah soal pengaturan saja. Jadi, tetap bisa dihapus tetapi dengan cara sedikit berbeda dari uninstall aplikasi biasa. Jadi, pada intinya setiap aplikasi itu memiliki fitur dan fungsi yang unik tersendiri. Ada aplikasi yang tidak membutuhkan hak akses terhadap Device Administrator, dan ada yang membutuhkan hak akses tersebut. Nah, pada kasus tidak bisa dihapusnya aplikasi biasanya aplikasi tersebut membutuhkan hak akses Administrator. Berikut langkah-langkah menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus


Ada tiga cara yang bisa sobat lakukan untuk menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Sobat bisa lakukan dari cara pertama, dan jika tetap tidak bisa lakukan cara kedua dan ketiga.

Menghapus Aplikasi dengan Menonaktifkan Administrator Device

  • Masuk pada menu pengaturan smartphone Android
  • Kemudian cari menu keamanan/Privasi
  • Gulir kebawah dan temukan menu Administrator Perangkat
  • Disini, sobat akan menemukan aplikasi yang susah dihapus tersebut. Selanjutnya nonaktifkan aplikasi tersebut atau hilangkan centangnya.
  • Langkah terakhir, lakukan uninstall aplikasi seperti biasanya
Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Menghapus Aplikasi dengan Factory Reset / Hard Reset

Jika dengan langkah pertama tidak bisa, maka sobat bisa melanjutkan dengan cara kedua ini yaitu melakukan hard reset. Dengan cara ini, smartphone sobat akan kembali kesedia kala, seperti pertama kali membeli. Berikut : Tips Mudah Cara Reset Ulang Semua HP Android dan Cara Mereset HP Android Tanpa Menghapus Aplikasi Yang Terpasang.

Yang harus diperhatikan adalah, semua data dalam smartphone akan hilang, dan semua aplikasi juga akan hilang. Untuk itu, pastikan sobat membackup data sobat terlebih dahulu. Berikut : Cara Backup Aplikasi Android Sebelum Factory Reset


Menghapus Aplikasi dengan Flash Ulang atau Install Ulang Stock ROM

Cara ketiga ini bisa dijamin akan menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut, yaitu dengan install ulang stock ROM. Sebenarnya dengan cara reset Android sudah bisa menyelesaikan masalah. Akan tetapi takutnya nanti kembali lagi. Ini bisa terjadi karena perangkat sudah terserang virus malware dan adware. Takutnya nanti jika terkoneksi dengan internet, aplikasi tersebut akan kembali lagi. Untuk itu lakukan flash ulang smartphone Android sobat.

Tips Aman Sebelum Melakukan


Tips aman dari carainter.net sebelum melakukan langkah-langkah di atas adalah, pastikan sobat faham betul dengan beginian. Jika masih awam soal aplikasi dan sistem jerohan lebih baik serahkan pada ahlinya. Atau bawa ke service center terdekat. Langkah-langkah di atas diambil dari berbagai sumber, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Demikian informasi cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Jangan lupa share. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus"