Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang, Berikut Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti - Layanan Google Play atau bisa disebut dengan Google Play Service merupakan sebuah aplikasi sistem yang menjadi standar atau bawaan dari sistem operasi android. Dimana layanan ini bisa disebut sebagai otaknya aplikasi Google untuk menghubungkannya dengan hp android.

Yang namanya software, maka masalah pun tidak bisa terhindar dari aplikasi yang satu ini. Dan salah satu masalah yang sering terjadi adalah layanan Google Play terhenti. Jika sudah begini, tentu bakal menjadi masalah yang cukup serius pada smartphone kalian.

Sejumlah masalah yang terjadi diantaranya adalah kalian tidak bisa menerima email, tak bisa mendownload aplikasi, dan masih ada sejumlah masalah pelik lainnya. Lantas gimana cara mengatasi hal ini?

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Tenang saja, jika kebetulan kalian mengalami masalah ini, kita ingin mencoba membantu kalian mengatasinya. Pada kesempatan kali ini kita ingin memberikan 5 cara mengatasi masalah layanan Google Play berhenti yang bisa kalian coba nantinya. Untuk cara yang kita bagikan ini termasuk cara paling dasar ya, dimana bisa kalian jadikan pertolongan pertama nantinya. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai caranya dibawah ini.

Hapus Cache


Cara pertama untuk mengatasi masalah layanan Google Play terhenti yang bisa kalian lakukan ialah dengan menghapus cache yang ada didalam aplikasi tersebut. Cache ini merupakan sebuah data sementara yang tersimpan didalam aplikasi untuk membantu mengakses ke sebuah halaman dengan lebih cepat tanpa harus reload.

Meskipun cukup menguntungkan, namun tak jarang jika cache ini juga menjadi biang masalah termasuk di Google Play, untuk itu sebisa mungkin kamu harus menghapusnya.

  • Silahkan buka menu pengaturan didalam smartphone
  • Pilih menu Aplikasi >> lalu cari Google Play
  • Pilih menu Penyimpanan >> lalu klik bersihkan cache
  • Setelah itu silahkan buka kembali apikasi Google Play kalian

Hapus data Google Play


Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan ialah dengan menghapus data dari aplikasi Google Play tersebut. Bisa jadi penyebab dari errornya aplikasi itu dikarenakan ada data didalamnya yang mengalami kerusakan, sehingga berimbas pada aplikasi yang tak bisa dijalankan atau terhenti.

Untuk caranya masih sama dengan yang diatas tadi, silahkan buka menu pengaturan dan buka aplikasi Google Play. Setelah itu, langsung saja klik menu Clear Data pada bagian menu penyimpanan. Setelah itu silahkan download ulang atau update aplikasi Google Play kalian.

Reset akun Google


Jika masih belum bisa, maka cara mengatasi layanan Google Play terhenti selanjutnya kali ini adalah dengan melakukan reset akun Google kalian. Caranya sebagai berikut:

  • Silahkan buka menu pangaturan di smartphone
  • Lalu pilih menu Account
  • Pilih akun Google yang kalian gunnakan, setelah itu klik hapus akun
  • Dengan begini maka akun Google kamu pun akan ter-reset. Selanjutnya silahkan kalian masukkan lagu akun Google kalian tadi. Untuk memasukkan ulang silahkan pilih menu Add Account
  • Setelah berhasil, silahkan coba jalankan aplikasi Google Play kalian

Paksa Berhenti Google Play


Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah Force Stop Google Play tersebut. Namun perlu kita ingatkan jika cara ini cukup rawan untuk aplikasi Google Play kalian, karena kalian memaksa untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Dengan melakukan hal ini maka aktifitas Google Play akan terhenti, setelah itu silahkan kalian aktifkan kembali.

Unduh Google Play Update


Dan cara mengatasi layanan Google Play terhenti yang terakhir kali ini adalah dengan melakukan pembaruan pada aplikasi Google Play kalian. Masalah juga bisa saja terjadi jika aplikasi kalian masih menggunakan versi lama, maka tidak heran jika banyak perusahaan aplikasi yang selalu memberikan update untuk aplikasinya.

Cara melakukannya pun sangat mudah, silahkan buka aplikasi Google Play >> klik ikon tiga garis dipojok kiri atas >> Setting, pilih menu Auto Update Apps, dan pilih pengaturan Over Wifi Only.

      KETAHUI JUGA !!!

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami jika kalian mengalami masalah pada aplikasi Google Play. Karena sangat pentingnya aplikasi ini, maka tidak heran jika banyak yang bingung jika aplikasi tersebut bermasalah, karena nantinya mereka akan kerepotan untuk melakukan upadate aplikasi android jika Google Play bermasalah.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kami kali ini, semoga apa yang kita sampaikan diatas tadi bemanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini, agar nantinya juga berguna bagi orang lain yang membutuhkan, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Gampang, Berikut Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti"